Takut Ketahuan Narkoba? Valve Membatalkan Major di Filipina

33
galaxy battle major

Jakarta, SportNusa – Skandal Dota pertama di tahun 2018, Galaxy Battles II dibatalkan oleh Valve sebagai Major tepat 11 hari sebelum turnamennya dimulai, dengan alasan yang cukup tidak masuk akal.

Salah Pemerintah Filipina?

Valve telah mengumumkan penarikan status major ke turnamen pertama terbesar di tahun 2018 itu tepat setelah Filipina mengakui esports sebagai olahraga resmi dan diakui para atlitnya. Peresmian esports di Filipina ini menjadikan setiap pemain yang ikut berkompetisi wajib mengikuti tes narkoba yang sudah menjadi peraturan bagi setiap atlit olahraga professional.

Hal ini membuat Valve menarik status major dari Galaxy Battles II secara sepihak tanpa mendiskusikannya dengan pemain dari tim yang bersangkutan. Dengan alasan keamanan dan privasi setiap pemain, tentunya ini menjadi sedikit aneh, apalagi melihat Galaxy Battles akan direncanakan kurang dari 11 hari lagi.

Ini tentunya membuat fans Dota di Filipina bersedih, terutama karena maraknya pemberitaan negatif tentang pemerintahan presiden Filipina, Duterte dari berbagai macam media. Banyak juga pemain Dota seperti cr1t dan ppd yang menyayangkan sikap ini.

Kini, masa depan Dota di Filipina sangatlah tidak jelas, tentunya masih akan ada banyak pemain pinoy di Dota, tapi tetap saja dengan pernyataan baru Valve ini, sudah dapat dipastikan Valve tidak akan mensponsori turnamen baik Major atau minor di Filipina, yang perlahan akan mematikan layar professional Dota di negeri dengan tim SEA terbanyak tersebut.