Pertarungan Pemain yang akan Menentukan Jalannya Laga El Clasico ke-270

32
Para pemain yang akan menetukan jalannya El Clasico ke 270 antara Real Madrid dan Barcelona

Jakarta, SportNusa – Gelaran El Clasico ke-270 akan tersaji pada akhir pekan ini pada ajang La Liga. Pada gelaran ke-270, Real Madrid akan menjamu Barcelona di Santiago Bernabeu.

Laga ini sendiri tentu akan menarik minat dunia sepakbola. Seperti yang kita ketahui, laga ini dipenuhi oleh para bintang sepakbola. Bahkan 2 pemain yang selalu ada di 3 peringkat teratas ajang penghargaan pemain sepakbola terbaik dunia sejak tahun 2007, Ballon d’Or, tampil pada laga ini.

Selain itu, biasanya laga ini juga dapat menentukan pemenang La Liga. Namun, mungkin berbeda untuk musim ini karena Los Galacticos saat ini berada di peringkat 4. Sementara Blaugrana, berada di puncak klasemen sementara La Liga.

Jika Real Madrid tidak ingin semakin tertinggal oleh musuh bebuyutannya, tentu CR7 dkk harus menang pada laga ini. Begitu pula dengan Barcelona, jika ingin memenangkan La Liga, kemenangan menjadi harga mati demi mengamankan jalan mereka menjadi juara liga.

Untuk menyambut gelaran El Clasico ke-270, mari kita bahas pertarungan para pemain yang dapat menentukan jalannya laga pada malam minggu nanti.

5. Keylor Navas vs Marc-Andre ter Stegen

Keylor Navas vs Marc-Andre Ter Stegen

Keylor Navas akan menjadi andalan bagi El Real pada malam minggu nanti di bawah mistar gawang. Penjaga gawang berusia 31 tahun ini sudah membuat 19 penyelamatan dari 8 laga yang ia jalani di La Liga. Dari 8 laga tersebut, ia telah kemasukan 5 gol dan mencetak 4 cleansheets.

Marc-Andre Ter Stegen akan berada di bawah mistar gawang tim tamu. Penjaga gawang berusia 25 tahun telah memainkan 16 laga bersama Barca di La Liga dan mencatatkan 39 penyelamatan. Sejauh ini, ia berhasil tidak kebobolan pada 10 laga dan hanya kemasukan 7 gol saja.

Jika melihat statistik secara keseluruhan, Ter Stegen lebih baik daripada Navas. Namun, perlu diingat, Navas hanya memainkan setengah dari total laga yang dimainkan Ter Stegen di liga. Dengan penyerang kelas dunia yang ada di kedua tim, Navas dan Ter Stegen harus berjuang keras mengamankan jala gawangnya pada malam minggu nanti.

4. Sergio Ramos vs Gerard Pique

Sergio Ramos vs Gerard Pique

Sergio Ramos akan menjadi komando pertahanan Los Galacticos pada sabtu mendatang. Total Ramos telah memainkan 12 laga musim ini di liga. Statistik permainannya sendiri terdiri dari 25 kali interception, 38 clearance, 3 shot blocked, 3 kartu kuning dan 2 kartu merah.

Gerard Pique akan menjadi pusat pertahanan untuk membendung CR7 cs. Pique telah memainkan 12 laga bersama Blaugrana di liga musim ini. Statistik permainnya terdiri dari 7 interception, 40 clearance, 7 shot blocked, 6 kartu kuning, dan tidak sekalipun mendapat kartu merah.

Jika melihat statistik keduanya, Pique mungkin bermain lebih baik dengan menerima lebih sedikit kartu merah dan lebih baik dalam clearance dan shot blocked. Akan tetapi, Ramos lebih baik dari Pique dalam melakukan interception dan menerima lebih sedikit kartu kuning dibanding Gerard Pique. Dengan kedua pemain sering melakukan tweet-war, keduanya juga akan berperang dalam mengamankan gawang mereka dari serangan lawan pada El Clasico ke-270.

3. Luka Modric vs Andres Iniesta

Luka Modric vs Andres Iniesta

Sejak didatangkan dari Tottenham HotspurLuka Modric telah menjadi andalan di lini tengah Real Madrid. Pada La Liga musim ini, Modric telah tampil sebanyak 11 kali denga total menit bermain 881. Statistik Modric di La Liga adalah 607 passing sukses, 90% passing completed, 0 assist, 11 key passes, dan 11 chances created.

Sedangkan lawannya, Andres Iniesta, sudah menjadi kekuatan utama lini tengah Barcelona untuk waktu yang lama. Iniesta telah tampil 13 kali di liga musim ini dengan total 832 menit bermain. Statistik Iniesta sendiri adalah 583 passing sukses, 89% passing completed, 0 assist, 11 key passes, dan 11 chances created.

Kedua jenderal lapangan tengah ini akan menentukan penguasaan bola pada El Clasico ke-270. Dalam hal assist, keduanya memang belom menyumbangkan apa-apa, namun, passing keduanya akan menentukan aliran bola pada laga ini. Modric memang sedikit lebih baik dari Iniesta, namun perlu dicatat, hal itu ia raih karena memiliki menit bermain yang lebih banyak.

2. Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi

Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi

Cristiano Ronaldo akan manjadi tumpuan utama bagi Zinedine Zidane pada malam minggu nanti. CR7 telah tampil selama 975 menit dari total 11 laga. Statistik Cristiano Ronaldo adalah 4 gol, 2 assist, 72 kali melakukan shooting dengan akurasi sebesar 43%, dan 79% passing completed.

Ernesto Valverde tentu tidak akan tinggal diam dan memasang Lionel Messi sebagai andalan di lini serangnya. Total ia telah bermain selama 1440 menit dari 16 laga. Messi berhasil mencatatkan 14 gol, 5 assist, 103 shooting dengan akurasi sebesar 55%, dan 81% passing sukses.

Meskipun Cristiano Ronaldo mengalahkan Lionel Messi di ajang Ballon d’Or 2017, namun Messi berhasil mengalahkan Ronaldo dalam jumlah gol di liga musim ini. Keduanya akan melakukan segala yang mereka bisa untuk mencetak gol pada El Clasico nanti.

1. EL Clasico 270

EL CLASICO 270

Gelaran El Clasico ke-270 akan menjadi ajang pembuktian bagi Zinedine Zidan demi mengamankan posisinya di Real Madrid. Selain itu, laga ini akan menjadi penjaga momentum bagi Ernesto Valverde di liga musim ini.

Selain para pemain yang telah disebutkan, pemain lain juga akan berperan dalam jalannya laga. Masih ada persaingan antara Karim Benzema dan Luis Suarez dalam mencetak gol, Toni Kroos dan Sergio Busquets di lini tengah, Jordi Alba dan Marcelo di bek sayap.

Sejauh ini, dari 269 el clasico yang telah digelar, Real Madrid telah menang 99 kali, Barcelona menang 111 kali, dan 59 kali seri. Total Real Madrid telah mencetak 443 gol ke gawang Barcelona dan Blaugrana mencetak total 467 gol ke gawang Los Galacticos.

Rekor kemenangan terbesar di El Clasico sendiri dipegang Real Madrid pada 19 Juni 1943 di ajang Copa Del Rey dengan skor 11-1. Sedangkan untuk top scorer pada gelaran El Clasico dipegang oleh Lionel Messi dengan total 24 gol.

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!