Para Pemain Kunci yang Akan Menentukan Jalannya Derby Manchester

55
Opini bola : sepakbola akan dihibur laga antar Manchester United dan Manchester City pada derby Manchester ke 175

Jakarta, SportNusa – Laga terbesar Premier League musim 2017/18 akan tersaji pada akhir pekan ini. Manchester United akan menjamu tetangganya, Manchester City, dan laga ini akan menjadi salah satu laga penentu jawara musim ini.

Selain menyajikan pertarungan antar 2 tim besar Premier League, laga ini juga akan kembali menyajikan pertarungan strategi antara Jose Mourinho dan Pep Guardiola. Pertarungan antar kedua juru taktik ini sudah sangat menarik saat keduanya berada di La Liga. Keduanya akan kembali bertarung di Premier League pada akhir pekan ini.

Selain pertarungan kedua pelatih ternama tersebut, laga ini juga akan menyajikan perang bintang yang dimiliki oleh kedua tim. Seperti yang kita ketahui, sejak diakuisisi oleh pemilik baru, The Citizens menjadi tim yang jor-joran dalam belanja pemain.

Seakan tidak mau kalah dari tetangganya, The Red Devils pun selalu jor-joran pada bursa transfer musim panas beberapa musim terakhir. Bahkan United sempat memecahkan rekor pembelian pemain saat mendatangkan Paul Pogba yang akhirnya dipecahkan oleh PSG.

Laga yang tersaji sendiri akan berlangsung dengan sengit dan kami telah merangkum persaingan para pemain di setiap posisi. Berikut para pemain yang akan bersaing pada akhir pekan nanti.

1. Penjaga Gawang – David De Gea vs Ederson

David De Gea vs Ederson

Kedua penjaga gawang harus bekerja ekstra keras pada derby Manchester mendatang. Seperti yang kita ketahui, lini serang kedua tim memang sangatlah mengerikan. Baik United maupun City adalah klub yang paling produktif sejauh ini. Kedua tim tersebut juga berada di 2 peringkat teratas tim dengan pertahanan terbaik.

Seperti yang kita ketahui, David De Gea adalah alasan utama baiknya pertahanan United. De Gea hanya kalah 1 gol saja dalam jumlah kemasukan bola dari Nick Pope. Sementara Ederson, ia hanya kalah 1 gol saja dari De Gea.

Jika membandingkan Ederson dan De Gea, harus diakui De Gea memang lebih baik. Penjaga gawang Manchester United berhasil melakukan 53 penyelamatan. Sementara Ederson, penjaga gawang Manchester City tidak berhasil mencatat setengah dari total penyelamatan yang dilakukan oleh De Gea.

2. Pemain Bertahan – Nicolas Otamendi vs Chris Smalling

Chris Smalling vs Nicolas Otamendi

Kedua pemain bertahan ini adalah kunci pertahanan Manchester City dan Manchester United pada akhir pekan ini. Keduanya tampil lebih dari 10 kali di Premier League musim ini bersama klub masing-masing.

Chris Smalling telah tampil 10 laga bersama United musim ini. Dari 10 laga tersebut, ia berhasil membantu The Red Devils mencatat 4 clean sheet dan mencetak 1 gol. Sedangkan Nicolas Otamendi telah mencatatkan 14 caps musim ini di liga. Dari 14 laga itu, ia membantu Ederson menjaga gawangnya dari kebobolan sebanyak 5 kali dan mencetak 3 gol.

Keduanya akan menjadi tulang punggung pertahanan pada derby Manchester ke-175 nanti. Namun, jika harus memilih mana yang lebih baik, statistik menunjukkan bahwa Otamendi lebih baik dibandingkan Smalling. Namun, pemain bertahan yang akan tampil bukan hanya kedua pemain tersebut. Masih ada pemain lain yang akan bekerja sama dengan mereka menjaga lini pertahanan.

3. Gelandang – Nemanja Matic vs Kevin De Bruyne

Nemanja Matic vs Kevin De Bruyne

Lini tengah kedua tim akan bertarung sangat sengit dalam menguasai jalannya laga. Seperti yang kita tahu, baik Manchester United maupun Manchester City sama-sama memiliki lini tengah yang dihuni pemain-pemain berkelas. Selain mengalirkan bola untuk para penyerang, para gelandang kedua tim terkadang membantu timnya meraih kemenangan.

Absennya Paul Pogba akan membuat Nemanja Matic kembali menjadi pusat lini tengah United pada laga ini. Sementara Kevin De Bruyne, ia berhasil menjadi salah satu pemain terbaik yang ada di Premier League sejak hijrah ke Etihad Stadium.

Jika harus membandingkan keduanya, akan sulit menentukan siapa yang lebih baik. Baik Matic maupun De Bruyne memang sangat baik dalam posisinya masing-masing. Matic sendiri lebih sering diplot sebagai gelandang bertahan, berbanding terbalik dengan De Bruyne yang justru lebih sering membantu lini serang The Citizens.

4. Sayap – Raheem Sterling vs Marcus Rashford

Marcus Rashford vs Raheem Sterling

Sisi sayap kerap menjadi awal mulanya gol bagi kedua tim. Mengandalkan kecepatan para pemain sayap, kedua tim kerap melakukan gerakan menusuk di lini pertahanan lawan dari sisi lapangan.

Raheem Sterling sejauh ini kerap menjadi momok bagi lawan-lawannya. Pergerakannya di sisi lapangan sangat mengerikan dan itu terbukti dari jumlah gol yang berhasil ia cetak. Sementara Marcus Rashford, pemain asal Inggris ini kerap melakukan pergerakan yang sangat mengancam lawannya. Mengandalkan teknik dan kecepatannya, ia kerap menusuk lini pertahanan lawan-lawannya.

Secara keseluruhan, Sterling mungkin lebih baik dibandingkan Rashford. Sterling berhasil mencetak 6 gol lebih banyak dibanding Rashford dan hanya kalah 1 assist saja dari Rashford.

5. Striker – Romelu Lukaku vs Sergio Aguero

Romelu Lukaku vs Sergio Aguero

Penyerang kedua tim memang belum satupun yang berhasil mencetak gol lebih dari 2 digit di Premier League. Namun, bukan tidak mungkin hal ini akan berubah akhir pekan ini. Tentu persaingan para striker dalam mencetak gol akan sangat menentukan hasil akhir laga tersebut.

Jika dibandingkan, Sergio Aguero berhasil mencetak 1 gol lebih banyak dari Romelu Lukaku. Namun, Lukaku unggul 1 angka dalam jumlah assist dari Aguero. Meskipun keduanya memainkan jumlah laga yang berbeda, namun pencapaian mereka membuat sulit untuk membandingkan mana yang lebih baik.

Namun, jika harus memilih Aguero mungkin sedikit lebih baik dari Lukaku. Aguero memainkan jumlah laga yang lebih sedikit dari Lukaku. Selain itu, Aguero pun harus berbagi gol dengan penyerang muda City, Gabriel Jesus.

6. Jalannya laga

Manchester United vs Manchester City

Jalannya laga dipastikan akan sangat sengit. Namun, dengan hilangnya Paul Pogba, Jose Mourinho kemungkinan akan bermain aman dengan mengandalkan serangan balik. Sedangkan Pep Guardiola, seperti yang kita ketahui dengan gaya kepelatihannya, ia berhasil membantu The Citizens aman dari kekalahan hingga saat ini di Premier League.

Selain para pemain atas, tentu pemain lain juga akan berperan dalam jalannya laga. Segala kesalahan yang terjadi bukan tidak mungkin akan menjadi petaka bagi masing-masing tim. Namun, dapat dipastikan hasil laga sengit ini akan menentukan siapa juara Premier League musim ini.

Menurut anda, siapa yang akan menjadi juara Premier League musim ini? Manchester United atau Manchester City ?

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!