Beberapa Grup Piala Dunia 2018 Punya Kuda Hitam, Siapa Saja?

211
Beberapa Grup Piala Dunia 2018 Punya Kuda Hitam, Siapa Saja
Beberapa Grup Piala Dunia 2018 Punya Kuda Hitam, Siapa Saja

Jakarta, SportNusa – Undian fase grup Piala Dunia 2018 sudah dilakukan pertengahan pekan lalu. Dengan ada beberapa kuda hitam di babak grup Piala Dunia 2018, tim-tim seperti Argentina dan Portugal harus ekstra berhati-hati.

Untuk yang belum tahu secara menyeluruh, undian sudah dilakukan pada pertengahan pekan dan menghasilkan sebanyak 8 grup. Dengan negara-negara yang terbilang raksasa cukup merata di masing-masing grup. Namun SportNusa tidak ingin membahas negara-negara besar di masing-masing grup.

Berikut tabel babak grup Piala Dunia 2018:

Babak Grup Piala Dunia 2018
Babak Grup Piala Dunia 2018

Dari tabel di atas, bisa kita bilang bahwa negara-negara besar cukup merata di semua grup dan hampir tidak ada grup neraka. Namun ternyata ada beberapa negara-negara yang dijagokan mampu memberi mimpi buruk untuk negara-negara besar.

Menurut SportNusa, grup-grup yang memiliki kuda hitam ada lebih dari satu. Kami berpikir bahwa kuda hitam kali ini terdapat di grup A, B, D, dan F. Kita bahas empat grup tersebut, kenapa kami menyebutkan ada kuda hitam di grup tersebut.

1. Grup A

Kuda Hitam Grup A, Mesir.

Mulai dari Grup A, ada Rusia, Saudi Arabia, Mesir dan Uruguay. Jika berpikir tentang kualitas, Rusia dan Uruguay tentu saja diunggulkan akan lolos ke putaran 16 besar. Rusia dengan notabene sebagai tuan rumah dan Uruguay yang memiliki para pemain berpengalaman.

Namun kembali lagi, bola itu bundar. Tuan rumah dan memiliki para pemain berpengalaman tidak menjadi faktor utama untuk kesuksesan mereka mencapai babak 16 besar. Di Grup A sendiri, Rusia dan Uruguay belum bisa bernapas lega. Mereka harus mewaspadai timnas Mesir yang memiliki bintang Mohamed Salah.

Mesir sendiri memiliki kolektifitas yang cukup tinggi. Dari 6 laga yang dimainkan pada babak kualifikasi Piala Dunia zona Afrika, Mesir mampu memuncaki klasemen Grup E dengan raihan 13 poin. Mereka hanya kalah sekali, imbang sekali dan sisanya berakhir dengan kemenangan. Tidak hanya itu, Mohamed Salah juga mengakhiri babak kualifikasi zona Afrika sebagai topskorer dengan mencetak 5 gol.

Dengan mengandalkan Mohamed Salah yang semakin gemilang bersama Liverpool musim ini, Mesir bisa merusak rencana awal Uruguay dan Rusia. Bukan tidak mungkin mereka bisa memuncaki klasemen akhir Grup A nanti.

2. Grup B

Kuda Hitam Grup B, Maroko dan Iran.

Di grup B cukup seru. Ada Portugal, jawara Euro 2016 lalu, ditambah Spanyol, Maroko dan Iran. Masing-masing dari empat negara yang tergabung di grup B merupakan juara di masing-masing grup Kualifikasi Piala Dunia. Portugal juara grup B zona Eropa, Spanyol juara grup G zona Eropa, Maroko juara grup C zona Afrika dan Iran sendiri juara grup A zona Asia.

Dengan masing-masing juara grup kualifikasi berada di Grup B, akan tersaji persaingan ketat di empat negara tersebut. Portugal dan Spanyol memang diunggulkan dengan kualitas yang mereka miliki saat ini. Namun Maroko dan Iran bisa menjadi kuda hitam yang menyulitkan mereka nanti.

Jika tidak berhati-hati, Portugal atau bahkan Spanyol bisa terpeleset saat menghadapi Iran atau Maroko. Penampilan solid Maroko terlihat saat mengarungi grup C zona Afrika, dimana mereka berhasil menang tiga kali dan imbang tiga kali. Bahkan dalam 6 laga kualifikasi zona Afrika, mereka sama sekali tidak kebobolan.

3. Grup D

Kuda Hitam Grup D, Nigeria.

Kali ini kita membicarakan Grup D yang dimeriahkan dengan keberadaan Argentina, Islandia, Kroasia dan Nigeria. Argentina memiliki Lionel Messi, Kroasia memiliki Luka Modric dan Islandia memiliki Gylfi Sigurdsson. Bukan berarti Nigeria bisa kita sebut layak menghuni posisi kunci di Grup D.

Nigeria memiliki sosok kapten gelandang tengah yang keras seperti John Obi Mikel. Selain itu, sederet penyerang cepat juga mereka miliki seperti Alex Iwobi, Victor Moses dan Kelechi Iheanacho. Dalam enam laga kualifikasi zona Afrika, mereka mampu mencatat 4 kemenangan dan 2 kali imbang. Untuk urusan mencetak gol, mereka mampu mencetak 12 gol dan hanya kebobolan sebanyak 4 gol.

Hanya mewaspadi Nigeria juga bisa menjadi kesalahan untuk kedua negara hebat di Grup ini. Selain Nigeria, Islandia patut disebut sebagai tim kuda hitam di babak grup Piala Dunia 2018. Mereka berhasil lolos ke babak 8 besar Euro 2016 lalu dengan menyingkirkan negara kiblat sepakbola seperti Inggris di babak 16 besar. Catatan ini patut diwaspadai oleh semua tim di Grup D.

4. Grup F

Kuda Hitam Grup F, Swedia, Korea Selatan dan Meksiko.

Tim-tim yang berada di Grup F memang tidak seperti grup B yang diisi oleh jawara dari masing-masing grup di babak kualifikasi. Keberadaan timnas Jerman sang juara bertahan Piala Dunia 2014 bisa menjadi bumbu-bumbu penyedap di Grup F.

Kita tidak membicarakan peluang lolos Jerman, itu tidak perlu diragukan dengan regenerasi timnas senior yang sangat terstruktur. Jerman akan ditemani oleh Meksiko, Swedia dan Korea Selatan. Siapa yang patut diwaspadai oleh Jerman? semua negara di Grup F.

Meksiko mampu menjalani babak kualifikasi zona Amerika Utara dengan sangat baik. Mereka mencatat 6 kemenangan, 3 kali imbang dan sekali kalah dalam 10 laga kualifikasi. Dalam 10 laga kualifikasi, mereka juga mampu mencetak 16 gol dan hanya kebobolan 7 gol.

Sementara Swedia dan Korea Selatan masing-masing memiliki kemampuan yang terpendam di Piala Dunia 2018. Swedia mampu menyingkirkan Italia dengan skuad muda mereka tanpa Zlatan Ibrahimovic. Sementara Korea Selatan memiliki bintang Tottenham Hotspur, Heung-Min Son dalam timnya.

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!