Prediksi Negara yang Akan Lolos Fase Grup Piala Dunia 2018

19

SportNusa, Jakarta – Usai menjalani kualifikasi selama 3 tahun yang sangat melelahkan, melibatkan 871 pertandingan, pada akhirnya kita semua mendapatkan 32 tim yang akan bersaing di Rusia untuk memperebutkan trofi juara Piala Dunia 2018.

Mulai dari sekarang, setiap tim nasional akan mempelajari kekuatan dari musuh-musuhnya dalam satu grup. Pengundian grup Piala Dunia diselenggarakan di Kremlin dihadapan para bintang sepakbola dunia, termasuk Diego Maradona, Cafu, Fabio Cannavaro, Carlos, Puyol, Laurent Blanc, Diego Forlan dan Miroslav Klose.

Dari 32 tim tersebut dibagi menjadi kedalam 4 pot yang terdiri dari 8 negara dan 1 tim dari setiap pot akan masuk ke tahap selanjutnya dari 8 grup yang ada.

Pot 1: Rusia, Jerman, Brasil, Portugal, Argentina, Belgia, Polandia, Prancis

Pot 2: Spanyol, Swiss, Inggris, Kolombia, Meksiko, Uruguay, Kroasia, Peru

Pot 3: Islandia, Kosta Rika, Swedia, Tunisia, Mesir, Senegal, Iran, Denmark

Pot 4: Nigeria, Australia, Jepang, Moroko, Panama, Korea Selatan, Arab, Serbia

1. Grup A

Tim tuan rumah Rusia akan memainkan laga pembuka Piala Dunia menghadapi Arab. Keduanya berada di deretan terbawah dalam ajang ini dan ini merupakan laga yang harus dimenangkan oleh Rusia untuk bisa lolos ke putaran 16 besar.

Uruguay sangat disayangkan jika tidak lolos ke tahap selanjutnya, sehingga biarkan Rusia dan Mesir untuk tempati posisi kedua dalam Grup A. Mesir akan kembali tampil untuk pertama kalinya, setelah 12 tahun tidak ikut dalam persaingan dan Rusia berada di posisi terdepan, berkat kondisi mereka. Sementara Arab Saudi mungkin akan cocok untuk duduki peringkat ke-4.

Prediksi negara yang akan lolos: 

  1. Uruguay 
  2. Rusia
  3. Mesir 
  4. Arab Saudi

2. Grup B

Juara Piala Dunia 2010 dan Juara Piala Eropa 2016 sudah bisa memastikan diri untuk melaju ke tahap berikutnya dari Grup B. Spanyol belum pernah sentuh 1 kekalahan pun dalam babak kualifikasi dan Portugal terlalu berlebihan rasanaya jika memuncaki tabel klasemen Grup B.

Iran menjalani Piala Dunia kelimanya dan mereka hanya menang atas Amerika Serikat pada pagelaran 1998, sementara Maroko akan kembali bermain usai 20 tahun tidak terlibat dan hanya sekali untuk masuk ke babak 16 besar. Tidak bisa dihindarkan lagi jika Spanyol dan Portugal akan masuk ke putaran 16 besar.

Prediksi negara yang akan lolos: 

  1. Spanyol 
  2. Portugal 
  3. Maroko 
  4. Iran

3. Grup C

Juara Piala Dunia 1998, Prancis terbilang berada di dalam grup yang relatif mudah. Mereka akan berhadapan dengan Peru dari Pot 2, kedua yang terlemah dan lolos setelah menanti selama 36 tahun. Australia tampil untuk kelima kalinya dalam Piala Dunia dan hasil terbaik mereka terjadi pada tahun 2006 ketika mereka sampai ke babak 16 besar.

Begitu juga dengan Denmark yang tampil untuk kelima kalinya dan mampu tempati satu slot dalam putaran perempat final tahun 1998.

Prediksi tim yang akan lolos: 

  1. Prancis 
  2. Denmark 
  3. Peru 
  4. Australia 

4. Grup D

Bisa dibilang Argentina, yang sudah pernah menjuarai Piala Dunia sebanyak 2 kali, berada di dalam grup yang tidak terlalu sulit, akan tetapi perjuangan mereka menuju tahap ini terbilang penuh drama. Mereka sedikit beruntung, berkat keajaibang Lionel Messi.

Kroasia menjadi salah satu tim nasional yang performanya konsisten dan penampilan terbaik mereka datang pada tahun 1998, ketika mereka takluk dari tangan Prancis pada putaran semi final.

Islandia finis di atas Kroasia dalam putaran kualifikasi dan akan menjalani Piala Dunia pertama mereka. Nigeria dari Pot 4 berada dalam 1 grup neraka. Belum ada yang difavoritkan dalam Grup D ini dan malah berkemungkinan untuk menonjolkan laga-laga seru.

Prediksi negara yang akan lolos:

  1. Argentina
  2. Kroasia
  3. Islandia 
  4. Nigeria

5. Grup E

Sang juara 5 kali Piala Dunia, Brasil bisa dipastikan akan memuncaki tabel Grup E. Setelah itu akan terjadi persaingan sengit siapa yang akan menempati peringkat kedua diantara 3 negara yang lain. Swiss lolos usai menjalani babak kualifikasi dengan mulus, dimana mereka mengkoleksi poin yang sama seperti Portugal di Grup B.

Kosta Rika berada di posisi teratas dalam pagelaran Piala Dunia 2014 di Brasil. Serbia akan menjalani penampilan ke-12-nya dan berpeluang besar untuk menglahkan siapapun saat mereka dalam performa terbaiknya.

Prediksi negara yang akan lolos: 

  1. Brasil 
  2. Swiss 
  3. Serbia 
  4. Kosta Rika

6. Grup F

Jerman tidak bisa menuntut grup yang lebih mudah lagi dari ini. Sang juara bertahan diprediksi akan puncaki tabel klasemen tanpa mengalami 1 kendala besar. Tidak ada yang menghalangi persaingan antara Swedia dan Meksiko. Negara asal Amerika Latin itu selalu lolos dalam 6 ajang Piala Dunia yang terakhir.

Swedia masuk ke putaran ini usai kalahkan Italia dalam laga play off dan Korea Selatan merupakan salah satu negara asal Asia yang penampilannya paling konsisten. Dengan posisi teratas telah terkunci, Meksiko dan Swedia akan dihadapkan pada persaingan untuk memperebutkan siapa yang duduki posisi kedua dalam Grup F.

Prediksi negara yang akan lolos: 

  1. Jerman 
  2. Swedia 
  3. Meksiko 
  4. Korea Selatan 

7. Grup G

Tim nasional Belgia dan Inggris keduanya tidak terkalahkan dalam partai kualifikasi sehingga membawa keduanya puncaki tabel klasemen masing-masing grup. Mereka keduanya terlalu kuat bagi Panama dan Tunisia. Perhelatan kali ini akan menjadi yang ke-5 bagi Tunisia dan mereka tidak pernah sekalipun lolos dari tahap ini.

Panama mampu masuk ke tahap ini berkat taklukan Amerika Serikat dan sekaligus untuk pertama kalinya mengikuti ajang ini.

Prediksi negara yang akan lolos: 

  1. Inggris 
  2. Belgia 
  3. Tunisia 
  4. Panama

8. Grup H 

Grup ini akan menjadi salah satu grup yang menyajikan laga seri. Pasalnya semua tim di sini tidak ada yang benar-benar diunggulkan, akan tetapi yang cukup bisa dipastikan adalah Polandia dan Kolombia, sementara Senegal yang diperkuat oleh Sadio Mane akan menjadi salah satu lawan yang berbahaya.

Polandia tempati puncak tabel klasemen dalam grup kualifikasi, sementara Kolumbia duduk di belakang Brasil, Uruguay dan Argentina. Ini akan menjadi penampilan kedua bagi Senegal dan mereka memiliki beberapa pemain yang bisa membahayakan tim nasional manapun. Jepang sendiri selalu hadir dalam setiap ajang Piala Dunia dan berpeluang untuk tidak lolos atau malah tempati peringkat kedua.

Prediksi negara yang akan lolos: 

  1. Kolombia 
  2. Polandia 
  3. Senegal 
  4. Jepang

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!