Piala Dunia 2018 Kagak Seru Dengan Absennya Para Bintang Ini?

221
Piala Dunia 2018 Kagak Seru Dengan Absennya Para Bintang Ini
Para Bintang Lapangan Hijau yang Absen di Piala Dunia 2018

Jakarta, SportNusa – Piala Dunia 2018 yang akan digelar di Rusia diyakini akan kurang seru dengan absennya para negara sepakbola dan bintang-bintang lapangan.

Usai Belanda mentok di babak grup Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, Italia secara mengejutkan takluk di babak play-off dengan agregat 0-1 dari Swedia beberapa pekan lalu.

Dengan kegagalan ini, Italia merupakan satu-satunya negara yang pernah menjuarai Piala Dunia yang absen di Rusia tahun 2018 nanti. Terakhir kali mereka tidak lolos ke Piala Dunia, terjadi pada tahun 1958. Saat itu, Italia juga ditemani oleh Belanda, yang juga gagal lolos ke Piala Dunia. Kompak ya?

Bayangkan, negara yang sudah seperti kiblat sepakbola dunia seperti mereka tidak lolos ke Piala Dunia. Satu tim biasa diisi sebanyak 23 sampai 25 pemain. Berarti ada sekitar lebih dari 50 pemain bintang yang tidak akan tampil di Rusia tahun depan. Setuju gak?

Itu baru Italia dan Belanda, ada negara-negara lain yang memiliki bintang dalam skuadnya. Seperti Chile memiliki Alexis Sanchez, Wales memiliki Gareth Bale, dan Gabon yang memiliki pentolan seperti Pierre-Emerick Aubameyang.

Berikut SportNusa beberkan bintang-bintang yang akan absen di pagelaran besar sepakbola dunia.

5. Gianluigi Buffon

Buffon

Kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia tahun depan membuat Buffon menjadi bintang besar menurut SportNusa. Padahal kiper legendaris Italia ini sudah mengikuti enam edisi Piala Dunia sebelumnya. Dia mengawal gawang Gli Azzurri di Piala Dunia edisi 1998, 2002, 2006, 2010 dan 2014.

Buffon juga sudah mengkonfirmasi bahwa musim 2017/18 bersama Juventus akan menjadi musim terakhirnya bermain. Namun, gagal ke Piala Dunia 2018 menjadi noda dalam perjalanan karir sang kiper. Kegagalan yang diyakini merupakan kesalahan dari eks pelatih mereka Gian Piero Ventura, membuat sang legenda murka.

Buffon langsung memastikan bahwa kegagalan saat menghadapi Swedia kemarin, menjadi laga terakhirnya bersama timnas Italia. Tidak hanya itu, Buffon juga mengajak sejumlah pemain senior untuk segera menyatakan pensiun dari timnas Italia. Wah, buntutnya kemana-mana ya kegagalan Italia ini.

4. Arjen Robben

Bintang lapangan Bayern Munchen ini juga merasakan hal yang sama dengan Gianluigi Buffon. Namun, Belanda memang gagal lolos sejak babak grup Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Tidak heran jika Robben memutuskan pensiun setelah laga terakhir babak grup Kualifikasi Piala Dunia. Membela timnas senior Belanda sejak tahun 2003, Robben sudah bermain di tiga edisi PilDun. Piala Dunia 2006, 2010 dan 2014 menjadi saksi nasionalisme Robben kepada De Oranje.

Namun, dari tiga edisi Piala Dunia, membela timnas senior Belanda, Robben tidak memiliki prestasi sebagus Buffon. Dia hanya mampu mengantarkan negaranya menjadi runner-up di 2010 dan peringkat ketiga di 2014.

3. Gareth Bale

Bintang Real Madrid ini harus absen di Piala Dunia 2018. Memiliki bintang seperti Bale, ternyata tidak cukup untuk membawa Wales melaju ke pentas sepakbola terbesar di dunia.

Di awal babak grup Kualifikasi Piala Dunia 2018, Wales sempat dijagokan menjadi kuda hitam paling berbahaya. Pasalnya, pada Euro 2016 di Prancis kemarin, mereka mampu menembus semifinal. Namun harus terhenti karena kalah 2-0 dari Portugal yang diperkuat oleh Ronaldo.

Namun, cedera berkepanjangan yang dialami oleh sang pemain, ternyata berdampak besar pada kiprah timnas Wales di Eropa. Mereka tak mampu berkata banyak di babak grup Kualifikasi zona Eropa. Padahal generasi timnas Wales kali ini termasuk generasi emas. Berbeda dengan generasi saat ada Ryan Giggs, selain memiliki Bale, mereka juga memiliki Aaron Ramsey. Namun sayang sekali, keberadaan Ramsey membuat mereka tak bisa berbuat banyak.

2. Pierre-Emerick Aubameyang

Tampil produktif untuk klubnya Borussia Dortmund dalam beberapa musim terakhir, tidak bisa ditularkan ke timnas oleh Aubameyang. Malah, Gabon terlihat kesulitan mengatasi tim-tim seperti Maroko, Mali dan Pantai Gading di babak grup Kualifikasi zona Afrika.

Dalam enam laga kualifikasi zona Afrika, mereka hanya mampu menang sekali, seri tiga kali dan kalah dua kali. Padahal satu-satunya kemenangan yang mereka dapatkan, saat mereka bertamu ke Pantai Gading. Sayang, mengandalkan satu pemain seperti Aubameyang tak mengubah fakta bahwa Gabon masih amatir untuk lolos ke Rusia.

1. Alexis Sanchez

Menjadi jawara Copa America, Chile dengan sederet bintang yang dikepalai oleh Alexis Sanchez dan Arturo Vidal membuat mereka diperhitungkan di Amerika Latin.

Kualifikasi zona Amerika Latin yang digabungkan dalam satu grup, membuat Chile harus segrup dengan tim-tim seperti Brasil, Argentina, Uruguay dan Kolombia. Alhasil, persaingan ketat dengan negara-negara yang disebutkan di atas membuat mereka terlihat menciut.

Sanchez sendiri juga tidak dalam kondisi terbaik untuk membantu negaranya mendapatkan tiket ke Piala Dunia. Buntutnya, bermain untuk tim seperti Arsenal, yang notabene sudah puasa gelar bertahun-tahun menjadi kambing hitam untuk fans Chile. Kebanyakan fans Chile sudah menyuruh Alexis segera pindah dari London untuk bisa tampil di tim terbaik.

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!