Kans Ibrahimovic Kembali ke Timnas Swedia

17

Jakarta, SportNusa – Kesuksesan timnas Swedia menyingkirkan Italia untuk lolos ke Piala Dunia 2018 mendapat perhatian banyak pihak. Sebelum negaranya melakoni laga leg kedua kontra Italia, eks penggawa timnas Swedia Zlatan Ibrahimovic memberikan komentar tentang kualitas yang dimiliki oleh negaranya tersebut.

Sudah memutuskan untuk pensiun sebelum pagelaran Euro 2016 di Perancis, pemain yang akrab disapa Ibra itu mengatakan tanpa dirinya, Swedia mengalami penurunan level. Ibra, seperti dikutip dari Sky Sports, mengungkapkan bahwa selepas dirinya pensiun, orang-orang tak berharap banyak dari timnas yang berjuluk Blågult itu.

“Ketika saya bermain, dari segi kualitas level mereka meningkat. Namun, saat saya tidak lagi bermain, otomatis level mereka menurun,” kata pemain berusia 36 tahun itu kepada Sky Sports Italia.

Seolah memberi kode kepada pelatih timnas saat ini, Janne Andersson, Ibra menambahkan bahwa skuad saat ini cukup bagus dan merata. Namun, masih kata Ibra, skuad Swedia yang sukses lolos ke Piala Dunia 2018 kurang dalam segi jam terbang.

Zlatan Ibrahimovic
Zlatan Ibrahimovic sudah pensiun dari timnas Swedia

Merespon komentar sang legenda seperti itu, pelatih Andersson pun menanggapi dalam konferensi pers selepas kesuksesan menyingkirkan Italia. Sang pelatih meminta kepada semua media untuk tak lagi membicarakan sosok Zlatan Ibrahimovic. Karena dengan membicarakan Ibra secara terus menerus, itu sama sekali tidak menghormati para pemain yang berjuang dalam skuad Swedia saat ini.

“Dia [Ibra] memang seorang legenda, pemenang sejati, namun dia sudah tidak bermain. Kita harus adaptasi dan saya rasa sejauh ini anak-anak mampu membuktikan kekompakan mereka,” ucap Andersson dalam konferensi pers.

“Saya heran kenapa kalian [media] masih membicarakan tentang dia. Sementara di skuad yang sekarang banyak pemain hebat yang patut diapresiasi,” tutur sang pelatih.

Menilik dari tanggapan sang pelatih, nampaknya kode yang diberikan Ibra berujung sia-sia. Janne Andersson terlihat cukup puas dengan skuad yang dimiliki Swedia saat ini. Apalagi selepas pensiunnya Ibra dari timnas Swedia, mereka mampu tampil tanpa beban dan menemukan gaya bermain yang baru.

Memang kekosongan yang ditinggalkan Ibra saat ini mampu diisi dengan baik oleh Markus Berg. Selain itu, Swedia juga masih memiliki beberapa pemain veteran seperti Andreas Granqvist dan Ole Toivonen. Memang nama-nama yang disebutkan tidak setenar nama Ibrahimovic, namun dengan usia yang melebihi 30 tahun, para pemain tersebut mampu memberikan sesuatu untuk timnas di Piala Dunia nanti.

Kembali ke timnas usai dipastikan lolos ke Piala Dunia, mungkin itu merupakan keinginan Ibra semata-mata. Pelatih timnas saat ini sudah menegaskan bahwa timnya tidak lagi membutuhkan jasa sang striker yang saat ini membela Manchester United. Namun belum diketahui apa tanggapan para fans timnas Swedia tentang wacana Ibra comeback dari pensiun.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa kans Ibra kembali ke timnas akan sulit dengan sikap sang pelatih. Jika memang ingin [kembali], Ibra tinggal melontarkan pernyataan resmi dan menunggu tanggapan pendukung Swedia. Jika kamu pengamat sepakbola, menurut kamu apakah Ibra harus menarik kembali keputusannya pensiun?

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!