Opini Bola: Benarkah Messi Akan Lampaui Ronaldo Dalam Tahun-tahun Mendatang?

80
Lionel Messi

SportNusa, Jakarta – Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah mendominasi jalannya sepakbola dunia selama 9 tahun terakhir.

Kedua pemain itu telah saling berbagi 9 trofi Ballon d’Or. Banyak penghargaan, momen dan pencapaian yang membuktikan bahwa Messi dan Ronaldo adalah pemain yang berbeda dari pemain lainnya.

Sulit rasanya untuk memisahkan keduanya karena mereka telah bermain secara konsisten dalam tingkat yang sangat tinggi. Menengok ke belakang, tidak ada satupun musim yang tidak mempertontonkan persaingan keduanya. Meskipun begitu, setelah munculnya angka dalam statistik dan dianalisis, salah satu dari mereka mungkin akan lebih unggul di masa mendatang. Dan sejalan dengan hal ini, Messi diprediksi akan lampaui Ronaldo dan di bawah ini adalah alasan-alasan yang menguatkan pernyataan di atas:

Pengaruh umur dan merosotnya kondisi fisik Ronaldo 

Cristiano Ronaldo yang kita saksikan pada 2014 tidak bisa kita bandingkan dengan yang kita lihat saat ini. Ini karena ia mengalami proses penuaan. Dia tidak bisa mengoper, menembak, menggiring bola, menciptakan peluang, atau bahkan cetak gol sebanyak sebelumnya. Rasio mencetak gol dan tendangan bebasnya pun alami penurunan drastis.

Pada faktanya, ia sama sekali belum cetak satupun gol dalam La Liga musim ini usai tampil dalam 3 pertandingan penuh, hanya mampu sumbangkan satu umpan saja. Rata-rata menembak bola per pertandingan pun turut alami penurunan, begitu juga dengan catatannya saat menggiring bola.

Penampilan Ronaldo yang Tidak konsisten 

Gagal untuk tampil garang merupakan salah satu faktor besar yang akan sangat memengaruhinya di musim-musim depan. Pada musim sebelumnya, ia hanya mampu kantongi 2 gol untuk sampai ke putaran perempat ginal Liga Champions. Di musim yang sama, ia bahkan tidak membubuhkan gol dalam 2, 3 bahkan sampai 4 pekan dan hanya koleksi 25 gol dalam La Liga.

Musim ini, ketidak konsistenannya terus berlanjut, dimana pemain bintang ini hanya cetak gol dalam 2 dari 5 laga yang ia mainkan. Lebih buruknya lagi, apakah kalian ingat jika 2 golnya itu tercipta di ajang Liga Champions. Gagal untuk mempertahankan performanya berarti ia sudah memberikan takhtanya kepada saingan terdekatnya.

Performa Lionel Messi yang semakin menggila

Lionel Messi nampaknya tidak bisa dibendung lagi sekarang ini, bahkan saat ia berseragam timnas Argentina! Sementara itu, Ronaldo yang sudah berusia 32 tahun, mengalami penurunan dan tidak tampak bugar lagi, Messi baru 30 tahun dan tidak alami kemunduran sama sekali. Ia sangat konsisten dan menjanjikan, membantu Barcelona untuk bangkit dari keterpurukan.

Sejauh ini, Leo telah cetak 11 gol dan 2 assists di La Liga dan bubuhkan 2 gol di Liga Champions. Dengan performa seperti ini, Messi bisa dipastikan masih akan mendominasi sepakbola dunia dalam beberapa tahun ke depan.

Dengan kemampuan Messi untuk beradaptasi dan memainkan peran sebagai penyerang, dengan mengandalkan kecermatannya, ia masih akan menjadi seorang playmaker hebat seandainya ia bukanlah pencetak gol beberapa tahun ke depan.

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!