Hubungan Hak Siar TV dan Klub Sepakbola

67
hubungan hak siar tv dan klub sepakbola

Jakarta, SportNusa – Beberapa hari ini cukup banyak yang membicarakan bagaimana sebuah stasiun televisi memilih menyiarkan Manchester United melawan CSKA Moskow dibandingkan memilih menyiarkan laga besar antara PSG melawan Bayern Munich ataupun Chelsea melawan Atletico Madrid.

Rating siaran mungkin memang menjadi target. Jika melihat jumlah fans yang dimiliki berdasarkan sebuah situs di Indonesia, Manchester United berada di peringkat 3 dari 5 besar dengan jumlah 38.474.297 fans. Sementara Chelsea berada di peringkat 4 dengan jumlah 20.890.795 fans. Sementara Bayern Munich, PSG, dan Atletico Madrid tidak termasuk dalam 5 besar.

Di posisi pertama di tempati Barcelona dengan jumlah fans sebesar 49.934.346 orang. Di peringkat 2 terdapat Real Madrid dengan jumlah fans sebesar 46.618.375 orang. Dan di peringkat 5 ditempati Arsenal dengan jumlah fans sebanyak 17.721.582 jiwa.

Jika melihat data di atas, mungkin alasan stasiun tv tersebut memilih menyiarkan Manchester United tentu jelas demi mengejar rating siaran setinggi mungkin. Dikarenakan waktu siaran yang terbilang cukup pagi, mungkin dibandingkan dengan laga big match, kemungkinan United disaksikan lebih banyak orang jauh lebih besar.

Belum lagi selain PSG vs Bayern, Chelsea juga bermain. Barcelona, Juventus, dan AS Roma juga bermain pada waktu yang bersamaan. Tentu jumlah penonton laga tersebut akan berkurang penontonnya. Maka dari itu, jika harus memilih laga mana yang disiarkan, tentu stasiun televisi akan condong memilih Barcelona ataupun Manchester United.

Kedua tim tersebut dipilih dikarenakan memiliki jumlah fans terbanyak dibandingkan tim lain. Untuk alasan pemilihan Manchester United, mungkin lebih dikarenakan jika dilihat dari ruang lingkup seluruh dunia Manchester United memiliki jumlah fans yang lebih tinggi.

Hal ini dapat dimaklumi dikarenakan untuk mendapatkan hak siar Champions League tentu tidaklah murah. Stasiun tv memerlukan pemasukan dari iklan demi mendapatkan sejumlah uang untuk dapat membeli hak siar tersebut. Oleh karena itu, wajar jika biarpun ada seru di Champions League, namun tim yang disiarkan hampir itu-itu saja.

Hal yang sama juga terjadi di Europa League. Jika anda melihat pada musim lalu, setiap jumat dini hari selalu saja Manchester United yang disiarkan. Sementara saat ini, stasiun tv lebih sering menyiarkan Arsenal ataupun AC Milan dikarenakan jumlah fans yang sangat besar. Dari sana, dapat ditarik kesimpulan sebagus apa pun tim, semakin banyak fans kesempatan disiarkan akan lebih besar.

Namun, hal tersebut juga dapat merugikan tim-tim kecil. Kenapa ? karena tim kecil yang tidak memiliki jumlah fans yang banyak akan disiarkan di tv jika tidak ada tim besar yang main diwaktu bersamaan ataupun hanya saat melawan tim besar. Tim kecil pada akhirnya tidak akan banyak mendapatkan uang dari hak siar yang mana jumlahnya tidaklah sedikit.

Untuk hadiah juara Premier League musim lalu, Chelsea memperoleh £153.2 juta sementara dari hak siar Premier League, Chelsea memperoleh £150.8 juta. Jika melihat jumlah tersebut, Chelsea memperoleh jumlah yang tidak jauh berbeda dari hak siar dengan menjuarai Premier League. Sunderland yang berada di peringkat terakhir, mendapatkan £93.4 juta dari hak siar dimana laga yang disiarkan hanya 8 laga saja dari total 38 laga.

Dengan adanya hak siar, jumlah fans sebuah klub juga akan meningkat. Lihatlah Borussia Dortmund. Dortmund sebelumnya tidak begitu memiliki banyak fans di Indonesia. Namun, setelah cukup sering ditayangkan di Champions League, pendukung Dortmund di Indonesia pun bertambah. Terutama setelah mereka sempat berhasil mengalahkan Real Madrid pada Champions League musim 2012/13.

Setelah laga tersebut, fans Dortmund di Indonesia pun cukup meningkat. Jika saja Bundesliga disiarkan di tv lokal, dapat dipastikan Bayern Munich dan Borussia Dortmund akan menjadi 2 tim yang sering disiarkan sama seperti La Liga yang hampir pasti menyiarkan Real Madrid dan Barcelona setiap pekannya.

Dari semua itu, dapat disimpulkan bahwa hak siar tv dan sebuah klub sepakbola saling menguntungkan. Bagi pihak stasiun tv, dengan menyiarkan laga yang dimainkan tim dengan fans besar tentu dapat meningkatkan rating siaran yang dapat memberikan pemasukan berkat iklan. Bagi klub sepakbola, hak siar tv akan memberikan pemasukan yang cukup besar dan menambahkan jumlah fans yang dapat meningkatkan pemasukan klub melalui penjualan berbagai atribut klub.

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!