Opini Bola: 5 Negara yang Terancam Tidak Lolos ke Piala Dunia 2018

88
Opini Bola-5 Negara yang Terancam Tidak Lolos ke Piala Dunia 2018

Jakarta, SportNusa – Tersisa 9 bulan sebelum dimulainya pagelaran Piala Dunia 2018, hanya tim-tim terpilih sebanyak 32 tim yang akan menunjukkan aksi terbaiknya di Rusia.

Terlepas dari tuan rumah, baru tujuh tim yang memastikan diri untuk lolos, dimana beberapa tim sudah mengunci tempat mereka selama jeda pertandingan internasional baru-baru ini.

Brazil, Belgia dan Meksiko merupakan wakil pasti dari masing-masing benua mereka sejauh ini, sementara Asia diwakili oleh empat tim, yaitu Iran, Jepang, Korea Selatan dan Arab Saudi.

Bagaimanapun, proses seleksi telah menimbulkan beberapa kejutan termasuk beberapa tim besar saat ini dengan perasaan tegang sedang menunggu hasil dari pertandingan final mereka.

Belanda

Rasanya sulit untuk membayangkan satu negara yang pernah menjadi finalis sebanyak 3 kali dan tempat lahirnya Total Football absen dalam ajang 4 tahunan ini. Pada tahun 2010, mereka mampu berada di belakang Spanyol. Tahun 2014 mereka tempati posisi ketiga.

Belanda saat ini peringkat ketiga di Grup A dengan dua pertandingan tersisa. Posisi ini bukanlah yang mereka inginkan usai jalani 10 laga karena dua tim teratas berpeluang besar untuk lolos.

Pemuncak klasemen akan langsung masuk ke babak penyisihan grup sementara peringkat kedua akan punya kesempatan besar setelah jalani dua pertandingan play off.

Dua laga terakhir Belanda tidak akan mudah, dimana mereka akan menghadapi Belarusia dan Swedia. Pertandingan terakhir akan memperlihatkan tim mana yang lolos ke tahap selanjutnya bersama Prancis.

Amerika Serikat

Meksiko merupakan satu-satunya tim dari CONCACAF yang lolos ke Piala Dunia sejauh ini. Dengan menyisakan dua laga, mereka puncaki tabel klasemen dengan 18 poin. Kosta Rika ada di posisi kedua dengan 15 poin dan Panama duduki peringkat ketiga dengan 10 poin.

Amerika Serikat saat ini duduki peringkat keempat dengan koleksi 9 poin. Satu-satunya masalah adalah Honduras kumpulkan poin yang sama, dimana mwreka tempati posisi itu karena kalah dalam selisih gol.

Dalam dua pertandingan tersisa, Amerika akan hadapi Pamama dan Trinidad & Tobago.

Cili

Bisakah kita mengikuti jalannya Piala Dunia tanpa kehadiran tim yang menjuarai Piala Amerika dua kali? Sangat mungkin.

Cili menjuarai Copa America 2015 dan copa America Centenario 2016, dengan menaklukan Argentina dalam dua kesempatan tersebut. Itu merupakan kesuksesan terbesar yang pernah dialami oleh Cili.

Bagaimanapun, semestinya mereka mampu jalani babak kualifikasi dengan lebih baik.

Empat tim teratas dalam CONMEBOL akan langsung melaju ke turnamen bergengsi ini. Tim di peringkat kelima akan bertanding dalam play off Inter-Confederarion menghadapi Selandia Baru.

Malangnya, Cili duduki peringkat keenam saat ini dengan menyisakan dua laga. Dalam dua pertandingan terakhir yang akan mereka jalani, mereka akan berhadapan dengan Ekuador dan Brazil.

Bukan hanya mereka harus menangkan kedua laga tersebut, mereka juga berharap agar tim seperti Uruguay, Kolumbia, Peru dan Argentina tidak mendapatkan poin dalam.dua pertandingan terakhirnya.

Wales

Jika kita melihat Grup D di Eropa, tidak ada tim yang sangat berat untuk dihadapi. Tapi itulah yang membuat persaingan grup semakin seru.

Torehan poin dan selisih gol yang dicatatkan oleh Wales tidak cukup untuk menguntungkan mereka agar lolos sebagai salah satu tim penghuni posisi kedua terbaik. Dari 9 grup yang ada, Wales adalah tim peringkat kedua yang terburuk dengan 15 poin.

Dua laga terakhir The Dragons akan mengahdapi Georgia dan Republik Irlandia. Untuk bisa lolos, mereka harus menangkan kedua laga tersebut. Hasil yang sesungguhnya baru akan kita ketahui usai semua pertandingan telah dijalani.

Argentina

Seperti cili, Argentina juga sedang dalam masalah. Tapi mereka berpeluang untuk lolos jika mampu tampil dengan sangat baik.

La Albeceleste huni posisi kelima. Itu tidak cukup untuk lolos dari penyisihan grup, tapi memungkinkan mereka untuk tampil dalam play off Inter- Confederation dengan menghadapi Selandia Baru.

Argentina akan melawan Peru dan Ekuador dalam dua pertandingan terakhir mereka.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah  Messi tidak bisatampil dalam dua laga tersebut. Sampaoli akan berharap bahwa pemain andalannya itu akan prima dan akan mainkan dua laga tersebut.

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!