Opini Bola: Kontrak di Barcelona Segera Habis, Messi akan Hengkang Musim Depan?

481
Kontrak lionel messi bersama Barcelona habis musim depan, messi tinggalkan barcelona musim depan ?
Lionel Messi - Barcelona

Jakarta, SportNusa – Kontrak Lionel Messi bersama FC Barcelona akan habis pada musim panas 2018. Sejauh ini, ia belum juga memperpanjang kontraknya. Akankah ia hijrah musim depan ?

Agusti Benedito, Salah satu kandidat presiden FC Barcelona, mengungkapka kekhawatirannya bahwa Lionel Messi mungkin saja meninggalkan Blaugrana musim depan. Hal ini dikarenakan sang pemain belum juga memperpanjang kontraknya yang akan habis pada Juni 2018.

Jika hingga Januari 2018 pria asal Argentina tersebut belum juga memperpanjang kontraknya, beberapa klub dapat dengan mudah memperoleh tanda tangannya pada musim dingin mendatang. Selain itu, klub tersebut juga akan mendapatkan Lionel Messi secara cuma-cuma.

Jika anda sempat memainkan game sepakbola seperti Football Manager, pemain yang kontraknya hanya tersisa 6 bulan saja dapat anda peroleh dengan menawarkan kontrak secara langsung dan sang pemain akan bergabung dengan klub saat kontraknya habis dan anda tidak perlu mengeluarkan biaya transfer sepeserpun.

Hal ini pun berlaku pada realitas. Aturan tersebut memang ada dan biasa disebut dengan aturan Bosman. Sebagai contoh adalah Robert Lewandowski. Bayern Munich memperoleh tanda tangannya pada Januari 2014 dan membuat sang pemain hijrah dari Borussia Dortmund pada musim panas 2014 dengan cuma-cuma. Hal ini mungkin saja terjadi pada Lionel Messi.

Dengan Paris Saint-Germain dan Manchester City dikabarkan tertarik dengan sang pemain, tentu saja hal tersebut membuat beberapa penggemar mengalami kekhawatiran. Selain itu, kegagalan bagi Barcelona untuk mendatangkan pemain bintang ke Camp Nou selepas kepergian Neymar akan membuat klub semakin sulit memperoleh tanda tangannya di kontrak baru.

Bukan tidak mungkin musim depan Lionel Messi akan meninggalkan Camp Nou dan bergabung dengan Neymar di Paris ataupun reuni dengan Pep Guardiola di Etihad Stadium.

Lionel Messi dan Antonella Roccuzzo, sang istri.

Kehilangan Lionel Messi tentu saja akan sangat buruk bagi Barcelona. Selepas kepergian Neymar, Barcelona belum juga mendapatkan pemain bintang untuk menggantikannya. Philippe Coutinho dan Paulo Dybala yang santer dikabarkan mendekat ke Camp Nou tak kunjung menjadi kenyataan. Jika kembali harus kehilangan Lionel Messi musim depan, tentu saja keadaan akan semakin buruk.

Namun segalanya masih mungkin saja terjadi. Lionel Messi kabarnya akan segera memperpanjang kontrak setelah Blaugrana berhasil mendatangkan pemain bintang. Messi menginginkan seorang pemain bintang hadir di Camp Nou untuk melihat seberapa besar ambisi yang dimiliki Barcelona untuk menjadi juara.

Memang perlu biaya yang sangat besar untuk mendatangkan seorang pemain bintang. Perlu negosiasi yang cukup panjang dan rumit untuk mendatangkan seorang pemain bintang pada sebuah klub. Jika Paulinho saja perlu didatangkan dengan biaya 36,4 juta Pounds, berarti perlu uang banyak untuk mendatangkan pemain bintang.

Meskipun mendapatkan keuntungan luar biasa dari penjualan Neymar, namun bukan berarti uang tersebut dapat dengan begitu saja digunakan untuk membeli pemain bintang. Menurut kabar yang beredar, tawaran Barcelona kepada Liverpool untuk Coutinho sebesar 145 juta Euro sempat ditolak. Berarti, Barcelona harus membayar lebih untuk memperoleh jasa pemain asal Brazil tersebut.

Tentu tidak semudah itu mengeluarkan uang banyak untuk seorang pemain. Aturan Financial Fair Play, harus diperhatikan agar Barcelona tidak memperoleh hukuman karena melanggar aturan tersebut.

Kembali ke Lionel Messi, jika memeng ia hijrah dari klub yang ia bela sejak 2004, ada beberapa opsi yang memungkinkan baginya. Salah satunya adalah menyusul Neymar ke Parc des Princes.

Ambisi PSG menjadi salah satu klub terbaik di dunia dapat dilihat dengan bagaimana aktivitas mereka di bursa transfer. Setiap musimnya ada saja pemain bintang yang didatangkan klub asal kota mode tersebut. Tentunya saat kontrak Messi habis, PSG dapat dipastikan akan ada di baris depan untuk memperoleh tanda tangannya.

Selain PSG, pesaing berat untuk mendatangkan seorang Lionel Messi adalah Manchester City. Sosok Pep Guardiola akan menjadi daya tarik tersendiri bagi legenda asal Argentina tersebut. Manchester City memang sangat berminat untuk mendatangkan seorang Lionel Messi.

Jika memang Messi bergabung dengan The Citizens, reuni penuh memori indah dengan Pep Guardiola akan tersaji di Premier League. Kehadiran Sergio Aguero akan membantu Messi beradapatasi dengan mudah di Premier League.

Selain kedua tim tersebut, masih ada Newell’s Old Boys, klub masa kecil Lionel Messi. Messi sendiri sempat mengatakan bahwa ia ingin kembali ke kampung halamannya setelah tidak berkarir bersama Barcelona.

Namun, di usianya yang ke-31 tahun saat ia meninggalkan Barcelona nanti akan sangat disayangkan jika ia meninggalkan benua Eropa. Pada usia tersebut, Messi masih bisa bersaing di kompetisi yang ketat dan meraih kesuksesan bersama klub yang ia bela.

Saat ini, mungkin akan sangat bijak jika Barcelona tetap berusaha mendatangkan pemain bintang. Hal ini diperlukan demi mengamankan tanda tangan pemain pentingnya, Lionel Messi. Namun, sembari mencoba mendatangkan pemain bintang, tidak ada salahnya menawarkan kontrak baru bagi Messi sehingga sang pemain tidak akan pergi dengan cuma-cuma.

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!