Dominasi dari tim China, Top 3 di TI7 Tanpa tim Barat?

505

Jakarta, SportNusa – TI7 tahun ini nampak didominasi oleh kelima tim dari China, mulai dari babak group hingga main event. Meskipun IG.Vitality gugur, LFY, LGD, Newbee dan IG masih bertahan, sementara tim dari Eropa yang tersisa tinggal OG, Virtus Pro, Team Empire dan Liquid.

ti7 dominasi china
TI7 Top 8 Bracket (sumber: liquipedia)

Seperti yang bisa kita lihat dari bracket diatas, hanya 1 dari keempat tim Eropa yang jika lolos, akan menghadapi Newbee atau LFY di babak grand final. Team Liquid dan Empire yang melawan satu sama lain akan melawan Virtus Pro di babak selanjutnya. Jadi dari ketiga tim tersebut hanya 1 yang akan lolos.

Sementara itu OG harus berhadapan dengan LGD Gaming. Jika lolos mereka harus berhadapan dengan IG, dua dari empat tim China yang masih bertahan di Main Event. Jadi kenapa tim China bisa mendominasi hingga 4 dari top 8 merupakan tim perwakilan mereka?

ti7 dominasi china
LFY setelah menang melawan VP (sumber: twitter)

Konsistensi

Mereka bermain sangat konsisten sepanjang turnamen dan memiliki latihan yang luar biasa padat menjelang TI7. Ditambah tim-tim China yang memang sangat kuat pada dasarnya dengan gaya permainan mereka yang agresif namun tetap menjaga farm.

Gugurnya tim Besar

Tim dari Amerika yaitu Evil Geniuses dan Digital Chaos gugur secara prematur setelah dikalahkan di hari kedua main event. EG yang diprediksi orang-orang bakal mendapatkan setidaknya top 3 karena konsistensi mereka 3 tahun belakangan tidak dapat meraih 1 game-pun di main event, padahal mereka mencetak rekor bagus di babak group dengan skor 11 menang 5 kalah.

Tim seperti LGD.Forever Young atau LFY juga sangat tidak disangka-sangka bisa melaju hingga top 3 bersama Newbee, tim ini menjalani musim yang relatif sepi dan masuk ke-TI7 sebagai kuda hitam. Namun mereka berhasil merajai group A dengan skor 14-2 dan masuk ke top 3 tanpa 1-pun kekalahan.

Mereka bahkan mengalahkan Virtus Pro sang raksasa dari CIS Dota dengan skor 2-0, favorit mayoritas di TI7 ini.

Apakah kita akan melihat tim China vs China di grand final seperti TI4 dimana Newbee juara melawan Vici Gaming? atau salah satu dari keempat tim Eropa yang tersisa akan mengambil kesempatan tersebut?

Jika tim dari China tahun ini menjuarai TI7, ini adalah pertama kalinya The International dijuarai oleh tim dari China 2 tahun berturut-turut, dengan Wings Gaming sebagai juara tahun lalu.