Opini Bola: Perkiraan Formasi Barcelona Musim 2017/18

5391
Perkiraan formasi Barcelona musim 2017/18 ; Neymar Cetak Gol, Barcelona Menangkan Leg Pertama

Jakarta, SportNusa – Setelah sebelumnya pernah dibahas perkiraan formasi Bayern Munich, MU, dan Real Madrid, kali ini kita akan membahas perkiraan formasi Barcelona musim 2017/18.

Musim depan Barcelona sepertinya tidak akan banyak merubah komposisi skuadnya. Hal ini dikarenakan tidak banyaknya pemain yang menjadi target bagi Blaugrana. Barca sendiri baru saja mendapatkan pelatih baru setelah sebelumnya kontrak Luis Enrique habis. Pelatih baru Barca sendiri adalah Ernesto Valverde yang musim lalu mengasuh Athletic Bilbao.

Kedatangan Valverde membuat berbagai rumor transfer pun berkembang. Barca dikabarkan tertarik dengan beberapa pemain seperti Ander Herrera dan Ousmane Dembele. Barcelona juga dikabarkan ingin memulangkan beberapa mantan pemain akademi mereka. Mereka adalah Gerard Deulofeu dan Hector Bellerin.

Skuad Barcelona musim 2017/18 sepertinya tidak akan kehilangan pemain pentingnya. Sejauh ini hanya ada satu pemain yang kemungkinan besar dilepas. Ia adalah Jordi Masip yang berposisi sebagai penjaga gawang. Masip akan menjadi pemain free agent pada bursa transfer karena kontraknya sudah bersama tim asal Catalan sudah habis.

Lalu, kira kira seperti apa ya perkiraan formasi Barcelona musim 2017/18 ?

4-2-1-3

Perkiraan formasi Barcelona musim 2017/18
4-2-1-3

Formasi ini adalah salah satu perkiraan formasi Barcelona musim 2017/18. Formasi ini sepertinya akan menjadi salah satu andalan bagi Valverde musim depan. 3 pemain depan akan dihuni oleh trio baru. Neymar, Luis Suarez, dan Ousmane Dembele akan mengisi posisi ini. Dembele akan menempati posisi sebelah kanan seperti saat ia berada di Dortmund.

Lalu di posisi gelandang, Lionel Messi akan mendapatkan kebebasan mengatur permainan Barca. Messi akan memainkan peran gelandang serang sementara Busquets dan Iniesta akan membantunya merebut bola di lini tengah. Busquets akan lebih banyak merebut bola sementara Iniesta akan lebih sering membantu Messi mengatur lini tengah.

Sementara pemain bertahan akan menjadi milik Jordi Alba, Gerard Pique, Samuel Umtiti, dan calon pemain baru, Nelson Semedo. Semedo akan mengisi posisi bek kanan yang belum memiliki pemilik tetap setelah Dani Alves hengkang. Sementara penjaga gawang akan lebih sering dihuni oleh Marc Andre ter Stegen.

4-3-3

Perkiraan formasi Barcelona musim 2017/18
4-3-3

Selain itu, ada juga perkiraan formasi Barcelona musim 2017/18 sepertinya akan sama seperti sebelum-sebelumnya dengan hanya sedikit perubahan. Trio MSN akan menjadi andalan bagi Valverde di lini serang Blaugrana seperti musim sebelumnya.

Di lini tengah, Andres Iniesta dan Ivan Rakitic akan berperan sebagai gelandang tengah yang bertugas menopang lini serang. Iniesta dan Rakitic akan membantu mengalirkan bola kepada ketiga penyerang sementara Sergio Busquets yang berperan sebagai gelandang bertahan akan lebih banyak bertugas merebut bola di lini tengah dan membantu pertahanan.

Posisi pemain bertahan akan sama seperti formasi sebelumnya. 4 Pemain yang ada di sana dan bertugas membantu ter Stegen menjaga gawang adalah Jordi Alba, Gerard Pique, Samuel Umtiti, dan Nelson Semedo.

3-4-3

Perkiraan formasi Barcelona musim 2017/18
3-4-3

Pada perkiraan formasi Barcelona musim 2017/18 yang terakhir, Blaugrana memiliki opsi untuk memainkan formasi lain. Formasi ini sempat digunakan Enrique pada musim 2016/17. Lini serang sudah pasti menjadi trio MSN (Messi, Suarez, dan Neymar).

Sementara di lini tengah, Andres Iniesta akan berduet dengan Sergio Busquets. Iniesta akan berperan untuk mengatur aliran bola dan Busquets merebut bola sekaligus membantu pertahanan. Lalu, di sisi kiri akan ada Jordi Alba dan di sisi kanan akan dihuni mantan pemain akademi Barca, Gerard Deulofeu, yang dikabarkan akan segera pulang ke Camp Nou.

Di lini pertahanan, tiga bek tangguh akan mengisi posisi ini. Gerard Pique dan Samuel Umtiti akan dibantu Javier Mascherano dalam membantu ter Stegen yang menjaga gawang.

Itulah beberapa Perkiraan formasi Barcelona musim 2017/18 menurut SportNusa. Kalau menurut kamu, seperti apakah Perkiraan formasi Barcelona musim 2017/18 menurut kamu ?

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!