Jakarta, SportNusa – Musim 2016/17 sudah hampir berakhir. Banyak tim berhasil memberikan kejutan musim ini. Lalu, siapa saja tim dengan transfer tersukses musim 2016/17 ?

Musim ini memberikan beberapa kejutan. Mulai dari Feyenoord dan AS Monaco yang berhasil menjuarai liga masing-masing dan RB Leipzig yang berhasil lolos ke fase grup Champions League musim depan.

Namun tidak sedikit juga tim yang gagal mencapai harapan yang mereka inginkan. Tapi tidak sedikit tim yang berhasil mengalami peningkatan dan meraih kesuksesan berkat kegiatan transfer yang baik di awal musim.

Entah apakah itu dengan budget transfer yang rendah ataupun tidak terbatas untuk dihabiskan, ada beberapa klub yang sangat baik dalam menggunakan dana transfer mereka dan berhasil mendapatkan talenta luar biasa musim ini.

Mari kita lihat 5 tim dengan transfer tersukses musim 2016/17 !!!

5. Borussia Dortmund

Ousmane Dembele – Borussia Dortmund

Meskipun hanya berhasil mengamankan posisi 3 klasemen Bundesliga dan spot menuju Liga Champion pada hari terakhir, cukup adil mengatakan bahwa Die Borussien menjalani musim baik. Tim asuhan Thomas Tuchel sangat bergantung pada Pierre-Emerick Aubameyang musim ini yang berhasil mencetak 31 gol di liga. Namun, tidak hanya Aubameyang, ada pula beberapa pemain yang tampil baik di musim debut mereka.

Yang paling impresif mungkin adalah pemain berusia 20 tahun asal Perancis, Ousmane Dembele, yang didatangkan dari Stade Rennais musim panas lalu. Ia berhasil membuat 63 peluang sepanjang musim, terbanyak di klub dibandingkan pemain Dortmund lainnya.

Dembele juga berhasil mencetak 6 gol dan mencetak 12 assist di Bundesliga. Dengan catatan impresifnya pada musim pertamanya tersebut, ia telah membuktikan diri bahwa dirinya memiliki potensi untuk menjadi pemain dengan nama besar di masa yang akan datang.

Di sisi lain lapangan, ada pula Raphael Guerreiro yang didatangkan dari Lorient. Ia juga berhasil membuktikan bahwa ia memang tepat didatangkan ke Signal Iduna Park. Pemain asal Portugal telah membuktikan diri bahwa ia sangatlah eksplosif sebagai attacking full-back dan berhasil menutup lubang bek kiri yang memang dibutuhkan oleh Borussia Dortmund.

Kedua pemain inilah yang membuat Borussia Dortmund dapat dibilang sebagai salah satu klub dengan transfer tersukses musim 2016/17. Keduanya berhasil tampil konsisten dan membantu kemenangan Dortmund pada momen-momen krusial.

4. Hoffenheim

Andrej Kramaric – TSG Hoffenheim

Sangatlah sulit melihat tim lain membayangi Bayern Munich dan Borussia Dortmund di Bundesliga. Bersama RB Leipzig, Hoffenheim berhasil membuktikan diri sebagai paket mengejutkan dari Bundesliga musim ini. Hoffenheim berhasil finis di urutan 4 dengan hanya memiliki perbedaan 5 poin dari Leipzig di posisi kedua.

Klub sendiri sebelumnya sudah memiliki pemain andalan seperti Oliver Baumann dan Niklas Süle. Namun, manajemen klub tetap menambahkan pemain berkualitas dengan mendatangkan pemain seperti Andrej Kramaric dan Kevin Vogt yang membuat klub termasuk dalam tim dengan transfer tersukses musim 2016/17.

Mantan pemain Leicester City, Andrej Kramaric, berkontribusi dengan menyumbangkan 15 gol dan 8 assist di Bundesliga musim 2016/17. Hal ini membuatnya menjadi penyerang paling potensial di Hoffenheim pada musim ini dimana mereka berhasil menjadi tim dengan urutan keempat dalam urusan mencetak gol terbanyak.

Di saat Kramaric menggila di depan, Kevin Vogt yang berposisi sebagai gelandang bertahan membantu pertahanan mengagalkan peluang lawan. Vogt juga berhasil membuat akurasi passing sebesar 92% dan membuat rata-rata 5 aksi pertahanan di setiap laga. Rekrutmen seperti ini tidak perlu diragukan membuat Hoffenheim berhasil tampil baik musim ini dan termasuk ke dalam tim dengan transfer tersukses musim 2016/17.

Selaim kedua pemain di atas, ada pula Benjamin Hübner yang didatangkan dari FC Ingolstadt. Ia berhasil menunjukkan penampilan gemilang di lini pertahanan Hoffenheim. Pemain berusia 27 tahun berhasil mencatat rata-rata 7 aksi defensif sepanjang laga, yang terbanyak di klub.

3. OGC Nice

Mario Balotelli – OGC Nice

Meskipun pada akhirnya PSG dan AS Monaco mengamankan jatah lolos otomatis ke fase grup Champions League, pada awal musim OGC Nice sempat berada di puncak klasemen Ligue 1. Menjelang berakhirnya musim, mereka harus menurun di klasemen namun tetap berhasil mengamankan posisi 3 dan sebuah tempat di babak kualifikasi Liga Champion.

Meskipun klub berhasil naik satu peringkat dari posisi 4 mereka di musim 2015/16, mereka berhasil mengumpulkan 15 poin lebih banyak dan memiliki skuad yang lebih kuat dibandingkan musim sebelumnya.

Musim panas lalu, Nice menginvestasikan uangnya untuk mendatangkan pemain seperti Arnaud Souquet, Wylan Cyprien, Dante, Younès Belhanda (pinjaman) dan Mario Balotelli. Hal ini membuat mereka tergolong tim dengan transfer tersukses musim 2016/17.

Mario Balotelli menjadi nama yang mungkin paling bersinar di antara yang lain. Super Mario berhasil mencetak 15 gol dan satu buah assist musim ini, sementara Wylan Cyprien berhasil membuktikan diri sebagai pusat perhatian di atas lapangan.

Cyprien didatangkan dari Lens dan berhasil mengakhiri musim dengan penilaian performa keseluruhan tertinggi dibandingkan pemain Nice lainnya berdasarkan statistik sebuah situs sepakbola. Ia juga berhasil mencetak 8 gol dan membuat rata-rata passing tepat sasaran sebesar 89%. OGC Nice tampil lebih baik saat bertandang dibandingkan di kandang musim ini dan hal ini disebabkan karena penampilan apik dari Wylan Cyprien.

Ada pula pemain bertahan asal Brazil, Dante, yang telah membuktikan bahwa ia masih bisa tampil bagus pada musim debutnya bersama OGC Nice. Ia mencatatkan rata-rata 7 aksi bertahan per laga.

2. Chelsea

N’Golo Kante – Chelsea

Chelsea mungkin harus kehilangan FA Cup pada akhir pekan lalu, namun musim ini mereka berhasil menjuarai Premier League. Antonio Conte berhasil memimpin The Blues meraih gelar juara liga ke-5 mereka setelah berhasil mendatangkan beberapa pemain baru di musim panas dikarenakan pelajaran yang dapat mereka ambil dari kesalahan di musim lalu.

Yang paling berpengaruh adalah kedatangan N’Golo Kante yang musim sebelumnya juga memenangkan Premier League bersama Leicester City. Tweet dari Gary Lineker menjadi kenyataan dimana di awal musim ini mengklaim bahwa Chelsea kedatangan Kante dapat membuat The Blues meraih juara liga.

Kante sendiri meraih gelar PFA Player of the Year musim 2016/17 setelah menjadikan dirinya sebagai pilihan utama di lini tengah Chelsea dengan membuat 83 intercept, membuatnya menjadi mesin yang dibutuhkan Chelsea pada setiap laganya.

Adapula Marcos Alonso yang didatangkan dari Fiorentina pada musim panas lalu. Ia menjadi salah satu juru gedor Chelsea musim ini. Pemain asal Spanyol tersebut berhasil mencetak 6 gol dan membuat rata-rata 4 aksi pertahanan di setiap laga.

Jangan lupakan kembalinya David Luiz di jantung pertahanan Chelsea. Ia berhasil tampil kokoh di lini pertahanan The Blues dan keputusan Antonio Conte memainkan 3 pemain bertahan membantu pemain asal Brazil tampil dominan di lini pertahanan.

Dibandingkan 3 pemain di atas, Michy Batshuayi, berhasil tampil sebaik mungkin pada 20 laga yang ia mainkan dengan mencatatkan 5 gol dan 1 assist. Penyerang asal Belgia berhasil membuktikan diri bahwa Chelsea tidak salah menginvestasikan uang untuk mendatangkannya dan membuat Diego Costa harus konsisten menjaga performanya. Kedatangan para pemain ini membuat Chelsea menjadi tim kedua dengan transfer tersukses musim 2016/17.

1. Juventus

Gonzalo Higuain – Juventus

Si Nyonya Tua kembali mengamankan gelar Scudetto musim ini dan membuat Serie A terlihat kurang kompetitif. Hal ini disebabkan karena kegiatan mereka di musim panas lalu yang membuat mereka terlihat lebih kuat dibandingkan 2 musim sebelumnya digabungkan. Hal inilah yang membuat Juventus menjadi tim dengan transfer tersukses musim 2016/17.

Gonzalo Higuain didatangkan dengan biaya sebesar 90 juta Euro dari Napoli untuk meningkatkan daya gedor Juventus musim ini. Penyerang asal Argentina berhasil membuktikan dirinya dengan mencetak 24 gol dari 37 laga.

Di lini tengah, Miralem Pjanic didatangkan dengan mahar sebesar 32 juta Euro dari AS Roma dan berhasil tampil secara impresif. Pjanic berhasil membuat peluang lebih banyak dibandingkan pemain Juventus lainnya dengan membuat 57 peluang dan menyumbang total 8 assist.

Sementara itu, ada pula beberapa pemain baru yang juga berhasil membantu Juventus menjadi finalis Champions League musim ini seperti Juan Cuadrado, Mehdi Benatia, dan Dani Alves yang tampil luar biasa di kancah eropa.

Massmiliano Allegri sudah memiliki pertahanan terkuat di benua biru dan juga lini tengah serba bisa namun klub berinvestasi dengan efisien hanya untuk mendatangkan pemain yang dapat membuat tim menjadi lebih baik dan dapat mengisi ruang kosong di klub. Hal inilah yang membuat Juventus menjadi tim dengan transfer tersukses musim 2016/17.

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!