Opini Bola: Pemain yang Sebaiknya Tinggalkan Manchester United

182
Manchester United dan Jose Mourinho sebaiknya berpisah dengan para pemain ini
Musim 2016/17 akan segera berakhir, United sebaiknya melepas beberapa pemain ini

Jakarta, SportNusa – Musim 2016/17 akan berakhir dalam beberapa pekan. Manchester United dan Jose Mourinho dipastikan akan berbenah untuk menghadapi musim depan demi memburu gelar Premier League musim 2016/17.

Jose Mourinho harus puas gagal finis di 4 besar klasemen Premier League musim 2016/17 setelah menerima kekalahan atas Tottenham Hotspur pada minggu malam. Beberapa pemain memang sudah sebaiknya dilepas oleh Mou demi mendapatkan pemain baru pada musim depan.

Pemain-pemain ini mungkin memang terkadang tampil cukup baik bersama United musim ini, namun inkosistensi membuat The Red Devils harus membayar mahal setelah harapan mereka untuk lolos ke Champions League musim depan bergantung pada final Europa League yang akan digelar pada 25 April mendatang.

Memang masalah United musim ini selain inkonsistensi adalah badai cedera yang dihadapi para pemainnya. Mulai dari Zlatan Ibrahimovic yang sangat perkasa di lini serang United, Juan Mata yang tampil cukup baik sebelum cedera, hingga Marcos Rojo yang harus absen karena cedera panjang.

Namun, seharusnya di tangan seorang Mourinho United seharusnya masih bisa bersaing untuk memperebutkan setidaknya 4 besar di Premier League. Namun, inkosistensi yang dihadapi pemain United membuat para pemain yang menjadi cadangan di saat pemain utama absen membuat United gagal bersaing di 4 besar Premier League.

Sebagai persiapan untuk menghadapi musim depan, mungkin tidak ada salahnya bagi Jose Mourinho untuk melepas pemain-pemain berikut. Beban gaji yang sebelumnya digunakan untuk membayar beberapa pemain nantinya dapat digunakan untuk membayar pemain lain yang tampil lebih baik.

Selain itu, dengan melepas beberapa pemain Mourinho dapat memperkecil jumlah pemain di skuadnya agar persaingan antar pemain tidak terlalu ketat sehingga dapat menarik minat pemain baru yang tampil lebih baik agar mau bergabung bersama Manchester United.

Para pemain tersebut juga sebaiknya hijrah dari United demi memperbaiki karirnya sebagai pemain sepakbola profesional. Hal ini dikarenakan persaingan ketat yang ada di skuad United membuat mereka gagal bersinar setelah kalah bersaing dari pemain lainnya.

Lalu, Siapa saja yang sebaiknya dilepas oleh Jose Mourinho dan Manchester United ?

1. Chris Smalling

Chris Smalling – CB – Manchester United

Bergabung dengan Manchester United pada tahun 2010 di bawah arahan seorang Sir Alex Ferguson, Chris Smalling gagal mempertahankan performa terbaiknya sepeninggal Ferguson pada tahun 2013.

Smalling sempat digadang-gadang sebagai bek masa depan Manchester United dan timnas Inggris pada beberapa tahun yang lalu. Namun pada kenyataannya, Smalling gagal tampil dengan baik bersama Manchester United pada musim ini.

Cedera memang sempat membekapnya dan membuatnya kalah bersaing dengan Marcos Rojo, Eric Bailly, dan Phil Jones. Di saat bersamaan, ketiga pemain tersebut justru tampil jauh lebih baik dari Smalling di musim ini.

Sebagai contoh saat Danny Welbeck berhasil mencetak gol saat United bertandang ke Emirates Stadium pada 7 Mei lalu. Smalling dengan postur tingginya gagal menghalau bola yang berhasil ditanduk masuk oleh Danny Welbeck karena lompat terlalu cepat dan membuat bola berhasil dieksekusi dengan baik oleh Welbeck.

Kabarnya, Jose Mourinho ingin mendatangkan Raphael Varane pada musim depan. Kedatangan Varane dan membaiknya performa para pemain bertahan lainnya dipastikan akan membuat Smalling kesulitan bersaing memperebutkan tempat utama di Old Trafford.

2. Luke Shaw

Luke Shaw – LB – Manchester United

Rentetan Cedera membuat Luke Shaw gagal meraih performa terbaiknya seperti saat bersama Southampton di Old Trafford. Sejak didatangkan pada tahun 2014, Shaw hanya tampil sebanyak 47 kali saja secara keseluruhan bersama Manchester United.

Sempat tampil baik di bawah asuhan Louis Van Gaal, patah tulang kaki membuatnya harus absen pada jangka yang panjang dan membuatnya mengalami penurunan performa. Setelah kembali dari cedera, Shaw gagal tampil sebaik sebelum cedera menimpanya.

Selain masalah cedera, Luke Shaw juga sempat mendapatkan kritikan terbuka oleh pelatihnya sendiri (Jose Mourinho) dimana Mou mengatakan bahwa ia berada di pilihan keempat setelah Matteo Darmian, Ashley Young, dan Daley Blind.

Meskipun sempat tampil baik setelah mendapatkan kritikan, ia sempat tampil baik setelahnya. Namun pada kenyataannya saat ini ia gagal kembali menembus posisi utama full back kiri United.

Namun demi menyelamatkan karirnya, mungkin lebih baik jika Shaw hijrah dari Old Trafford. Hal ini dikarenakan ia dapat memperbaiki karirnya dan bermain reguler bersama tim lain jika dibandingkan dengan di United.

Beberapa pemain telah membuktikan bahwa setelah hijrah dari Old Trafford mereka dapat tampil lebih baik. Sebut saja Chicarito bersama Bayer Leverkusen, Michael Keane bersama Burnley, ataupun Paul Pogba saat hijrah ke Juventus.

3. Adnan Januzaj

Adnan Januzaj – LM – Manchester United

Adnan Januzaj gagal menembus tim utama United setelah kepergian David Moyes dari Manchester United. Ia kerap kalah bersaing dengan para pemain lainnya di posisi sayap The Red Devils.

Sempat dilabeli pemain masa depan Manchester United karena penampilan gemilangnya bersama tim cadangan United, nyatanya ia justru dipinjamkan oleh United pada 2 musim terakhir.

Pada masa peminjamannya di Borussia Dortmund, ia hanya berhasil tampil 3 kali sejak menit pertama dari total 12 laga saja selama setengah musim. Sementara di Sunderland, ia gagal membantu Sunderland terhindar dari degradasi setelah Sunderland dipastikan degradasi pada musim ini.

Akan lebih baik bagi Adnan Januzaj untuk meninggalkan Old Trafford pada musim depan karena dengan begitu ia dapat memperbaiki karirnya di klub lain dengan tekanan yang lebih rendah. Jika tetap di United, ia harus bersaing ketat dengan Juan Mata, Henrik Mkhitaryan, Jesse Lingard, Anthony Martial, dan beberapa pemain lainnya.

Apalagi kabarnya United sedang gencar-gencarnya mencari penyerang baru. James Rodriguez dan Antoine Griezmann dikabarkan menjadi target United pada musim depan. Kedatangan 2 pemain itu justru akan membuat Januzaj kesulitan pada musim depan. Kalaupun ia bertahan, kemungkinan besar ia hanya akan menjadi pemain cadangan ataupun kembali dipinjamkan pada musim depan.

4. Wayne Rooney

Wayne Rooney – ST – Manchester United

Meskipun pahit, Rooney gagal tampil sebaik dirinya pada beberapa musim yang lalu. Meskipun pada musim ini ia berhasil menjadi top skorer sepanjang masa United, namun ia lebih sering berada di bangku cadangan setelah kalah bersaing dengan Anthony Martial, Marcus Rashford dan Zlatan Ibrahimovic.

Selain itu, saat tampil pun Rooney kurang mengancam gawang lawannya. Beberapa tembakannya sering melebar dari gawang lawan. Ia juga seakan hanya menjadi backup bagi Rashford ataupun Ibrahimovic pada musim ini.

Kabarnya mantan tim masa mudanya, Everton, tertarik membawa pulang dirinya dan bahkan siap melepas Romelu Lukaku jika Rooney bergabung dengan The Toffees. Tentunya Mourinho akan tertarik untuk mendatangkan Lukaku demi menambah amunisi daya gedornya pada musim depan.

Selain gagal menjadi penyerang utama United musim ini, Saat bermain pun Rooney lebih sering melakukan tackle keras dalam merebut bola. Bahkan saat menghadapi Tottenham Hotspur pada 14 Mei lalu, ia terlihat sering bermain dengan kasar untuk merebut bola dibandingkan merebut bola dengan bersih.

Rooney juga terlihat mudah emosi di dalam lapangan dimana sebagai seorang kapten seharusnya ia dapat lebih tenang di atas lapangan. Sebagai seorang pemimpin ia harusnya menunjukkan sikap yang lebih dewasa di atas lapangan sebagai contoh yang baik bagi para pemain muda seperti Marcus Rashford dan Anthony Martial.

Demi menyelamatkan karirnya, alangkah lebih baik bagi Wazza jika ia meninggalkan United dan bergabung dengan tim lain karena saat ini rumor yang beredar mengabarkan bahwa United tertarik mendatangkan Paulo Dybala dan Antoine Griezmann. Meskipun masa depan Ibrahimovic belum jelas, namun jika Ibra diperpanjang kontraknya oleh Jose Mourinho, Rooney dipastikan akan kesulitan bersaing dengan para pemain tersebut.

5. Marouane Fellaini

Marouane Fellaini – CM – Manchester United

Marouane Fellaini memang kerap tampil cukup baik bersama Manchester United pada musim ini. Namun bukan berarti tertutup kemungkinan bahwa ia akan hijrah dari Old Trafford pada musim depan.

Fellaini kerap memancing amarah dari fans United akibat kecerobohan yang terkadang ia lakukan. Saat bertandang ke markas Everton pada paruh pertama musim, ia membuat kesalahan dengan melanggar Gueye dan membuat United harus mendapatkan hukuman tendangan penalti.

Pada derby Manchester 28 April lalu, Fellaini kembali berulah dan membuat fans The Red Devils berang setelah mendapatkan kartu merah dalam waktu yang singkat. Ia gagal menahan emosi dan sempat bertikai dengan Aguero dan menanduk Aguero sehingga ia terpaksa diusir dari lapangan oleh wasit.

Jika Fellaini tidak mengubah sikapnya, Jose Mourinho sebaiknya melepas Fellaini jika ada tawaran yang sesuai baginya. Karena tingkah laku dan tempramen yang ia miliki bisa menyusahkan United pada momen-momen penting.

Tawaran dari Chinese Super League sebaiknya diterima jika memang jumlahnya masuk akal. Selain tawaran yang biasanya super besar, United juga dapat menghemat anggaran mereka untuk membayar beban gaji pemainnya.

Menurut kamu, apakah pemain tersebut lebih layak berada di bawah arahan Jose Mourinho musim depan ataukah meninggalkan Manchester United ?

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!