Opini Bola: Nama Besar Manchester United Bisa Tarik Minat Antoine Griezmann

99
Kenapa Manchester United harus Datangkan Antoine Griezmann
Antoine Griezmann menarik minat Manchester United

Jakarta, SportNusa – Sudah menjadi rahasia umum bahwa Manchester United ingin mengeluarkan segenap kekuatan finansialnya musim panas ini untuk mendatangkan Antoine Griezmann pada musim panas ini.

Namun, menargetkan penerus Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sebagai pesepakbola papan atas dunia harus berhasil memberikan dampak yang sama dengan harganya di atas lapangan. Pemain berusia 26 tahun sepertinya dapat menjadi jawaban Jose Mourinho untuk mendapatkan pemain yang bisa mencetak gol, membuat gol, dan pemain yang memiliki semangat juang dan etika yang sesuai dengan keinginan Mou.

Namun, Antoine Griezmann bukan hanya diincar oleh United dan perjuangan The Red Devils untuk mendapatkan penyerang asal Perancis tersebut  juga disebabkan karena mereka ingin kembali mendominasi dunia marketing sepakbola di saat bersamaan sebagaimana mereka berusaha menrebut kembali tempat mereka sebagai salah satu klub sepakbola tersukses.

Beberapa laporan di Spanyol sempat menyarankan untuk memasukan release clause sebesar 100 juta Euro ke dalam kontrak Antoine Griezmann di Vicento Calderon. Namun, setelah berhasil mengeluarkan jumlah yang sama untuk mendatangkan Paul Pogba pada Agustus lalu, jumlah tersebut dapat dipastikan tidak menjadi masalah bagi Manchester United.

Antoine Griezmann sendiri sempat menyatakan bahwa ia tertarik untuk bergabung dengan Manchester United, namun ia masih bekum pasti bergabung musim panas mendatang, terutama karena ia ingin bermain di Champions League. Ia juga mungkin mempertimbangkan gaya hidup di Inggris setelah sejak awal menjalani karir profesionalnya ia selalu berada di Spanyol.

Jika Manchester United berhasil mengamankan tiket ke Champions League musim depan, hal tersebut dapat membuka peluang United untuk mendatangkan Griezmann karena klub tahu bahwa tidak banyak saingan yang dapat bersaing dengan United dikarenakan semua yang dapat mereka tawarkan.

Harapan Jose Mourinho bagi Griezmann nantinya mungkin adalah agar ia menjadi pemain penting di Old Trafford. Mou mungkin akan membangun tim yang dapat membantunya dengan baik dan menjadikan Griezmann seseorang yang akan diidolakan oleh para pendukung seiring dengan ia membantu mengembalikan klub menjadi yang terbaik.

Namun, cerita di atas lapangan lah yang diyakini dapat menjadi bukti yang meyakinkan bagi Griezmann dan penasihatnya. Beberapa sumber mengatakan bahwa sang pemain dapat melihat dirinya menjadi bintang sepakbola terbesar di klub sepakbola terbesar, dengan Old Trafford menawarkan panggung sempurna baginya untuk menjadi pemain sebesar Lionel Messi ataupun Cristiano Ronaldo.

Manchester United sendiri bisa dibilang memiliki kesempatan paling besar dibandingkan para kompetitornya untuk mendatangkan mantan pemain Real Sociedad ini.

Barcelona yang memiliki MSN (Messi, Neymar, dan Suarez) akan kesulitan memberi Griezmann kesempatan bermain setiap pecan dan menjadi pemain bintang di sana. Dengan beban gaji yang hamper mencapai batasnya di Camp Nou, masalah finansial akan menjadi kendala utama Blaugrana mendatangkan sang pemain.

Real Madrid tentu akan dengan senang hati menarik Griezmann ke Santiago Bernabeu dari rival satu kotanya, terutama sebagaimana Atletico berisap untuk meluncurkan sebuah era baru di stadion mereka musim depan. Namun, di Real Madrid ia masih harus bersaing dengan Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, dan Karim Benzema di posisi utama.

Sementara di liga domestic, Manchester United percaya diri bahwa Manchester City memiliki target lain, seperti Alexis Sanchez yang menjadi fokus mereka, dengan Chelsea juga tertarik untuk mendatangkan penyerang Arsenal tersebut.

Namun, walaupun The Citizens dan The Blues merubah target mereka menjadi Griezmann dan bersaing dengan United, nama besar United di dunia diyakini dapat menjadi daya tarik utama bagi sang pemain.

Manchester United berhasil mengalahkan Real Madrid untuk mendatangkan Paul Pogba dari Juventus pada musim lalu, baik dari segi finansial maupun dengan menjadikan sang pemain sebagai poros utama mereka untuk menjadikan gelandang Prancis itu salah satu merek yang paling dikenal dalam olahraga.

Richard Arnold, direktur pengelola Manchester United, sempat mengklain bahwa skuad dari klub tersebut terdiri dari “25 George Clooneys” dikarenakan pencapaian terjal dari nama Manchester United.

“Pertandingan kami ditunjukan di 1,1 Milyar rumah di seluruh dunia dan anda piker ‘film apa yang melakukan itu sebayak 60 kali setahun?” ujar Arnold pada tahun 2012 lalu. “Menjadi seperti George Clooney atau Brad Pitt, apa yang ada di sana dimana itu ditunjukan? Tidak ada apapun yang seperti itu.”

Aon, sponsor di jersey Manchester United di antara tahun 2010-2014, mengklaim bahwa traffic dari website resmi mereka meningkat hingga hampir 500% pada hari pertandingan The Red Devils, sementara pada hari Radamel Falcao resmi dipinjam dari AS Monaco pada Agustus 2014, Google mencatat 909% peningkatan pencarian untuk sang pemain dibandingkan dengan hari saat AS Monaco mendatangkannya dari Atletico Madrid 12 bulan sebelumnya.

United yakin bahwa mereka dapat mendatangkan pemain di atas dan melebihi rival mereka jika membandingkan pengakuan secara merek dagang, dengan Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, dan David Beckham sering dijadikan sebagai contohnya.

Griezmann sudah sering diaggap sebagai salah satu pemain yang paling menarik perhatian di sepakbola dan Manchester United yakin bahwa dengan kerjasama keduanya dapat memberikan Griezmann maupun United jackpot baik itu di atas maupun di luar lapangan.

Manchester United sendiri membutuhkan seorang pahlawan baru, seorang bintang baru untuk mengisi seragam nomor 7 yang pernah dikenakan George Best, Eric Cantona, David Beckham, dan Cristiano Ronaldo. Mereka juga menginginkan klub yang memiliki seorang pemenang dari Ballon d’Or.

Mereka tahu mereka memiliki segalanya di luar lapangan untuk mencapai itu, namun itu membutuhkan kedatangan Antoine Griezmann untuk meyakinkan bahwa Jose Mourinho dapat membuat semua itu terjadi di atas lapangan. Itu, sebagaimana yang Manchester United termukan musim ini, akan menjadi bagian yang sulit.

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!