Opini Bola: Tepatkah Manchester United Datangkan Raphael Varane?

131
Tepatkah Manchester United mendatangkan Raphael Varane ?
Tepatkah Manchester United mendatangkan Raphael Varane ?

Jakarta, SportNusa – Menjelang berakhirnya musim 2016/17, beredar rumor bahwa Manchester United mencari pemain bertahan baru. Namun, tepatkah keputusan Jose Mourinho agar Manchester United datangkan Raphael Varane pada musim depan ?

Beredar laporan di Eropa bahwa Manchester United sudah menyetujui untuk mendatangkan Raphael Varane dari Real Madrid dengan harga yang kabarnya memecahkan rekor transfer pemain bertahan. Kabarnya, Varane akan didatangkan dengan biaya mencapai 60 juta Euro. Varane sendiri sempat mengatakan bahwa akan sulit baginya untuk menolak pinangan Jose Mourinho.

Menurut sebuah media di Spanyol, Manchester United sudah menyelesaikan negosiasi dengan Real Madrid agar Manchester United datangkan Raphael Varane pada musim depan. United dikabarkan hanya perlu bernegosiasi dengan agen pemain bertahan asal Perancis tersebut untuk kepindahan pada musim panas mendatang.

Seperti yang kita ketahui, Raphael Varane berhasil tampil bersama Real Madrid berkat Jose Mourinho. Namun, ia belum berhasil memberikan dampak yang diharapkan darinya sejauh ini. Ia kerap mengalami berbagai cedera pada musim ini yang mana menyebabkan terbatasnya menit bermain yang diraihnya di tim utama Los Galacticos.

Pemain bertahan berusia 24 tahun tersebut hanya bermain 19 kali di La Liga musim ini, jumlah bermain yang mungkin tidak cukup bagi pemain sepertinya yang masih dapat berkembang menjadi pemain luar biasa.

Kenapa penting bagi Manchester United datangkan Rapahel Varane ?

  1. Pada performa terbaiknya, ia adalah pemain yang cepat, kuat di udara, dan dapat melakukan tackling yang brilian.
  2. Ia dapat menjadi jantung pertahanan bagi The Red Devils dengan memimpin para pemain bertahan untuk mengintimidasi pemain lawan menggantikan peran Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand. Eric Bailly dan Marcos Rojo mungkin memang terlihat tepat untuk peran ini. Namun, dengan kedatangan Varane, ketiganya dapat menjaga lini pertahanan United yang kabarnya ditinggal David De Gea musim depan.
  3. Usianya yang masih muda dapat menjadikannya sebagai investasi yang brilian. Saat ini United kehilangan Marcos Rojo di lini pertahanan, kegagalan Chris Smalling dan Phil Jones menyesuaikan diri dengan taktik Mou membuat mereka tidak banyak tampil musim ini.
Tepatkah Manchester United mendatangkan Raphael Varane ?
Jose Mourinho dan Raphael Varane

Tantangan yang dihadapi Manchester United datangkan Raphael Varane ?

  1. Manchester United masih belum pasti tampil di Champions League musim depan. Hal ini disebabkan karena mereka masih berada di peringkat 5 Premier League. Mereka juga belum tentu menjadi juara di Europa League karena cederanya para pemain andalan.
  2. Harus siap kehilangan David De Gea. Tentu saja Manchester United harus siap melepas De Gea untuk memudahkan jalannya mendatangkan Raphael Varane karena jika tidak, ada kemungkinan Madrid akan menyulitkan jalan Manchester United datangkan Raphael Varane.
  3. Persaingan yang sangat ketat. Jika di Real Madrid Varane harus bersaing dengan Nacho, Sergio Ramos, dan Pepe di posisi bek sentral, makan di United ia harus bersaing dengan Eric Bailly, Marcos Rojo, Chris Smalling, Daley Blind, dan Phil Jones. 2 nama pertama dapat dipastikan akan menjadi pesaing berat Varane dalam merebutkan menit bermain jika ia datang ke Old Trafford musim depan.

Baca Juga : Cedera Panjang, Akankah Zlatan Ibrahimovic Pensiun?

Apa yang diperlukan Manchester United datangkan Raphael Varane ?

  1. Manchester United harus memastikan posisinya di Champions League musim depan. Sebuah tempat di liga Chamions tidak hanya akan menarik minat Varane, namun juga juga target lainnya seperti Antoine Griezmann dan Romelu Lukaku.
  2. Mencari pengganti yang tepat untuk David De Gea yang dikabarkan hampir pasti hijrah ke Real Madrid musim depan.
  3. Melepas beberapa pemain bertahan yang tampil kurang baik.

Akan sangat baik bagi United jika Jose Mourinho berhasil membuat Manchester United datangkan Raphael Varane pada musim depan. Namun, bagi Real Madrid akan sangat sulit untuk melepas pemain bertahan potensial mereka meskipun tawaran harga yang diberikan akan sulit untuk ditolak.

Jika dilihat, Varane memang tampil lebih baik di bawah arahan Jose Mourinho dibandingkan Zinedine Zidane dan masuk akal baginya jika ia memilih hijrah ke Old Trafford untuk bermain di bawah The Special One. Hal ini dikarenakan ia dapat kembali bermain pada performa terbaiknya. Namun, kedatangan Varane juga dapat menjadi ancaman bagi karir 2 pemain bertahan United, Chris Smalling dan Phil Jones.

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!