Gelandang Bayer Leverkusen, Hakan Calhanoglu, Dihukum 4 Bulan

128
FIFA hukum Hakan Calhanoglu dari Bayer Leverkusen 4 bulan

Leverkusen, SportNusa – Gelandang Bayer Leverkusen, Hakan Calhanoglu, akan mendapatkan hukuman larangan tampil empat bulan yang dikeluarkan FIFA karena melanggar kontrak.

Pemain berusia 22 tahun tersebut juga harus membayar €100.000 sebagai kompensasi untuk klub asal Turki, Trabzonspor, tim yang ia bela saat masih remaja, berdasarkan keputusan Court of Arbitration for Sport pada kamis lalu.

CAS mengatakan bahwa larangan FIFA, yang dibekukan karena menunggu putusan banding, akan segera diaktifkan lagi dalam waktu cepat.

Hal ini berarti bahwa Calhanoglu akan absen saat Bayer Leverkusen menghadapi Atletico Madrid di liga Champions dan sisa berjalannya Bundesliga musim ini. Dia juga akan absen membela timnas Turki saat menghadapi Finlandia pada 24 Maret mendatang di ajang kualifikasi World Cup zona Eropa.

“Itu adalah pukulan yang berat bagi Hakan, begitu pula kami.” ujar direktur olahraga Bayer Leverkusen, Rudi Voller. “Meskipun Bayer Leverkusen tidak memiliki keterkaitan dengan kejadian pada 2011, kami saat ini merasa dihukum berat. Sekarang kami kehilangan seorang pemain penting selama bagian penting musim ini.”

Leverkusen tidak terlibat pada pelanggaran yang dilakukan Hakan Calhanoglu, yang mana muncul saat ia memperpanjang kontrak denga Karlsruher pada 2011.

“Kami jelas sangat menyesal dengan keputusan ini, yang dimana kami tidak dapat melakukan apa pun untuk ini.” ujar Voller.

Calhanoglu sempat menjadi seorang pemain muda di Karlsruher saat ia dibayar €100.000 untuk menyetujui kepindahan ke Trabzonspor di masa yang akan datang.

Klub asal Turki tersebut melaporkan komplain mereka kepada FIFA pada April 2013. Hakan Calhanoglu juga sempat bermain untuk Hamburg sejak meninggalkan Karlsruher.

Baik Calhanoglu maupun Trabzonspor menentang keputusan FIFA pada kasus ini, dan CAS mengatakan bahwa banding milik klub hanya akan ditegakan sebagian.

“Klub meminta pengembalian sebesar €100.000 yang mana terjadi sebelumnya begitu juga juga dengan kompensasi sebesar €1.000.000.” ujar pengadilan.

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!