5 Bintang Arsenal Yang Sekarang Kesulitan di Klub Lain

279

Jakarta, SportNusa – Arsenal telah membangun sebuah reputasi sebagai sebuah klub yang mampu mengembangkan para talenta muda menjadi superstar dan kemudian menjual mereka.

Ya benar, bahwa beberapa dari mereka (yang dijual) telah menjadi pemain kunci untuk klub lain, terkadang bahkan pemain kunci untuk para rival dan kembali untuk mengalahkan mereka.

Meski begitu, beberapa dari mereka juga ada yang kehilangan permainan terbaiknya dan kesulitan di klub barunya.

Kali ini, kami merangkum sebanyak 5 mantan bintang Arsenal yang sekarang kesulitan di klub lain.

5Emmanuel Adebayor (Free Agent)

Adebayor vs Arsenal

Pemain timnas Togo itu sempat menjadi sosok yang dicintai di Arsenal, lantaran kontribusinya di depan gawang, mencetak 62 gol dalam 142 penampilan.

Meski begitu, karirnya berubah secepat membalikkan telapak tangan, ketika Adebayor memutuskan gabung Manchester City. Dia juga melakukan selebrasi saat mencetak gol melawan mantan klubnya dengan berlari ke hadapan fans Arsenal di tribun, maaf jika kami mengingatkan the Gooners akan kenangan pahit ini.

Bergabung ke klub-klub sepertii Real Madrid dan Tottenham, juga setahun setengah dengan Manchester City, Adebayor gagal untuk mengulangi performa terbaiknya dan saat ini tidak membela klub manapun, setelah dipecat oleh Crystal Palace diakhir musim lalu.

4Samir Nasri (Sevilla)

Satu pemain lagi yang meninggalkan Arsenal untuk klub kaya-raya Manchester City adalah Samir Nasri.

Gelandang asal Perancis, yang dikenal dengan kemampuannya mengatur permainan memulai karir yang luar biasa sejak gabung City tahun 2011, memenangkan Premier League di musim pertamanya (musim 2013/14). Meski begitu, karirnya semakin memburuk setelah musim tersebut setelah memainkan berbagai peran yang tidak jelas di Etihad.

Nasri hanya tampil 41 kali selama dua musim setelah menjuarai Premier League, memang sebagian besar karena mengalami cedera. Pemain berusia 29 tahun itu saat ini sedang dipinjamkan selama semusim di Sevilla, berusaha untuk memperbaiki karir sepakbolanya yang tengah menurun.

Baca Juga: Samir Nasri Gabung Sevilla

Dan kepindahan itu nampaknya menjadi keputusan yang tepat dimana sang pemain sudah tampil lima kali dan mencetak dua gol dan satu assist sejauh ini, dimana klub barunya saat ini bertengger di urutan ketiga klasemen sementara La Liga.

Kontrak sang pemain di Manchester City masih akan berjalan hingga akhir musim 2018/19, sementara sang pemain terlihat ingin segera kembali ke Inggris untuk membuktikan dirinya pada manajer anyar Pep Guardiola, itu terlihat sulit dimana kita juga melihat banyaknya gelandang berkualitas yang dimiliki City saat ini.

3Robie van Persie (Fenerbahce)

Pemain asal Belanda ini cukup fenomenal di Arsenal dan sempat meraih berbagai raihan hebat di Manchester United, memainkan peran krusial saat United menjuarai Premier League dimusim 2012/13.

Disaat dia sudah berkontribusi besar kepada Arsenal, menjadi andalan dalam skuad yang dibangun Arsene Wenger, beberapa kelompok fans fanatik Arsenal mengklaim sang pemain cukup egois dengan memutuskan gabung ke rival klub Manchester United.

Van Persie, yang mencetak 132 gol dalam 277 penampilan untuk Arsenal selama 9 tahunnya di Emirates Stadium, berhasil membuktikan dirinya di Old Trafford, 58 gol dari 105 penampilan.

Baca Juga: Daftar 20 Pemain yang Suka Cetak Gol lawan Satu Klub

Meski begitu, usia memang tidak pernah berbohong, Van Persie harus menerima pemotongan waktu bermain di klubnya dan akhirnya meninggalkan klub untuk gabung ke Fenerbahce di akhir musim 2014/15.

Pemain berusia 33 tahun ini sudah mencetak 24 gol dari 58 penampilan untuk Fenerbahce di semua kompetisi, termasuk sebuah gol dalam kekalahan kontra mantan timnya United pada pekan lalu dikancah Europe League.

2Alex Song (Rubin Kazan)

Banyak pundit yang menyalahkan Wenger dalam beberapa tahun yang tidak membiarkan para penyerangnya pergi, tapi malah melepas Alex Song yang solid di lini tengah ke Barcelona di akhir musim 2011/12. Pemain timnas Pantai Gading itu disebut sebagai destroyer di lini tengah, sosok yang didambakan oleh fans Arsenal selama beberapa tahun belakangan.

Song menunjukkan kemampuan untuk mematahkan serangan lawan di lini tengah selama di Arsenal, menggabungkan fisik yang atletis dengan kecerdasan bermain di lini tengah yang membuatnya bermain cukup lama di Emirates Stadium.

Meski pindah ke Barcelona, Song tidak memiliki karir sebagus seperti di Arsenal dimana dia lebih sering dimainkan sebagai bek tengah dan segera memutuskan mencari klub lain, West Ham menjadi pelabuhan berikutnya dimusim 2015/16, dan diakhir musim lalu dia memutuskan untuk pergi secara permanen dari Barca.

Sang pemain saat ini bermain untuk klub raksasa Rusia, Rubin Kazan, dan meskipun baru berusia 29 tahun, nampaknya karirnya terlihat meredup lebih cepat dalam beberapa musim terakhir.

1Alexander Hleb (BATE Borisov)

Gelandang timnas Belarusia, yang telah disebut-sebut sebagai salah satu pesepakbola terbaik karena pengaruhnya pada setiap hasil pertandingan sebagai penyerang, harus melihat karirnya berubah menjadi semacam aktivitas travelling sejak meninggalkan Arsenal tahun 2008.

Setelah karir yang luar biasa dengan Stuttgart di Bundesliga, Hleb tiba di Arsenal diawal musim 2005/06 dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menjadi sosok kunci dibawah tangan dingin Arsene Wenger dengan permainannya yang kreatif.

Selama tiga tahunnya di klub London Utara, sang gelandang telah tampil 129 kali untuk klub. Ketika raksasa Eropa Barcelona meminatinya diakhir musim 2007/08, baik Arsenal maupun Hleb tidak mampu menolak tawaran tersebut.

Meski begitu, kepindahan tersebut tidak berjalan sesuai rencana untuk Hleb maupun Barcelona, dia harus kembali dipinjamkan ke Stuttgart, Birmingham dan Wolfsburg. Dengan serangkaian cedera yang dialaminya, sang pemain tidak membutuhkan waktu lama untuk tidak diperhitungkan dalam skuad Blaugrana.

Pemain berusia 35 tahun itu sekarang bermain untuk BATE Borisov di Belarusia dan kami merasa jika kepindahan ini tidak juga berhasil untuknya dan masih terus mengalami serangkaian cedera, sang pemain mungkin sudah seharusnya gantung sepatu di akhir musim ini.

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!