Daftar 10 Klub dengan Skuad Termahal di Eropa [Part 2]

1427

Jakarta, SportNusa – Setelah kemarin kita tahu lima klub dari peringkat 6 sampai 10 dengan skuad termahal sejagad Eropa (Liverpool, Bayern Munich, Arsenal, Juventus dan Paris Saint-Germain), sekarang kita akan bahas lima klub sisanya.

Nah, bagi yang belum baca part 1 kalian bisa klik di sini.

5. Chelsea: 481 juta euro

daftar-10-klub-dengan-skuad-termahal-di-eropa-part-2-chelsea

Dimulai dari peringkat ke-5, sejak kedatangan Roman Abramovicu di Premier League, Chelsea seketika berubah drastis. Seorang pionir yang menyuntikan dananya ke klub sepakbola, di mana pebisnis kaya itu tidak pernah habisnya menggelontorkan dana fantastis untuk mempercantik timnya dan membuat keputusan-keputusan besar seperti memecat dan memasukkan pelatih baru.

Eden Hazard mungkin bukan pemain rekrutan klub termahal akan tetapi masih menjadi pemain termahal dalam skuad dengan nilai 40 juta euro. Mendatangkan Michy Batshuayi (39 juta euro) dan David Luiz (38,5 juta euro) pada musim panas ini membawa Chelsea menduduki posisi kelima.

Ditambah Diego Costa, N’Golo Kante, Willian dan Cesc Fabregas serta Antonio Conte juga pemain flamboyan lainnya, sudah membuat the Blues kembali bersaing dalam liga kembali.

#4 Barcelona: €485m

daftar-10-klub-dengan-skuad-termahal-di-eropa-part-2-barcelona

Tidak ada klub yang sudah memenangkan trofi Liga Champions lebih dari pada Barcelona dalam 10 tahun terakhir dengan mengumpulkan empat titel sejak 2006. Sementara klub menghabiskan dananya pada pemain-pemain besar, mereka merupakan salah satu klub yang selalu menyeimbangkan tim dengan produk-produk hasil akademi La Masia dan punggawa-punggawa anyar dalam skuad mereka.

Mereka mungkin beruntung untuk tidak pernah mengeluarkan dana yang begitu besar kepada pemenang lima kali Ballon d’Or, Lionel Messi. Akan tetapu mereka mengeluarkan dana yang luar biasa untuk dua pemain Amerika Selatan lainnya, Neymar dan Luis Suarez yang tiba dalam beberapa musim terakhir dan trio yang dikenal sebagai MSN itu tampil dengan gemilang selama musim 2015-2016, dengan menyumbangkan 122 gol dan 66 assists. 

Rekrutan mahal lainnya dalam dua musim kebelakangan adalah Andre Gomes, Arda Turan dan Paco Alcacer.

3. Manchester City: €611m

daftar-10-klub-dengan-skuad-termahal-di-eropa-part-2-city

Manchester City merupakan salah satu klub yang menduplikasi model kesuksesan Chelsea dan selalu lebih terdepan dalam hal foya-foya untuk mendatangkan pemain. Meskipun ada peraturan Financial Fair Play yang diberlakukan oleh UEFA, mereka punya cara tersendiri untuk lolos dari jeratan peraturan tersebut.

 

Ada saatnya ketika Sergio Aguero menjadi pemain termahal yang pernah didatangkan pada tahun 2011. Saat ini bahkan dia tidak termasuk ke dalam jajaran lima besar!

Kevin De Bruyne saat ini adalah pemain rekrutan termahal mereka dan pemain asal Belgia itu harus didatangkan dengan nilai 74 juta euro dari Wolfsburg. Raheem Sterling, John Stone, Leroy Sane dan Nicolas Otamendi adalah beberapa pemain yang direkrut dengan dana yang fantastis.

 

Biaya yang dikeluarkan oleh City meningkat sebesar 78 juta euro sejak musim lalu.

#2 Real Madrid: 634 juta euro

Tentu saja, Real Madrid pasti masuk ke dalam daftar ini. Daftar ini tidak akan lengkap tanpa kehaditan klub asal Spanyol yang hidup dan matinya bergantung pada biaya transfer besar. Sejak tahun 2000, Los Blancos selalu memecahkan rekor transfer mereka sendiri – sampai musim panas tahun ini.

Gareth Bale, Cristiano Ronaldo dan James Rodriguez merupakan tiga pemain termahal untuk saat ini. Sementara klub ibukota masih berjuang untuk menancapkan tarinya dalam La Liga, mereka sudah merajai Eropa sebanyak dua kali dalam tiga musim terakhir.

Pemain-pemain dalam skuad yang bernilai lebih dari 30 juta euro adalah Karim Benzema, Danilo, Mateo Kovacic, Fabio Coentrao, Isco, Pepe, Alvaro Morata, Luka Modric dan Toni Kroos.

Nilai dari skuad Real Madrid mengalami peningkatan sebesar 47 juta euro sejak musim lalu.

#1 Manchester United: €718m

daftar-10-klub-dengan-skuad-termahal-di-eropa-part-2-united

Salah satu raksasa Inggris, Manchester United punya sumber pendanaan yang tidak terbatas dan masih bisa mendapatkan keuntungan luar biasa setiap musimnya berkat sponsor yang mereka dapatkan.

Kesuksesan yang direngkuh oleh Sir Alex Ferguson, membantu klub dalam aktivitas bursa transfer dalam tiga musim terlepas dari tiga musim mereka yang selalu menduduki posisi empat besar, dengan lolos ke Liga Champions. hanya dalam satu kesempatan.

Musim panas ini, mereka memecahkan rekor dunia dan membayarkan 105 juta euro untuk memboyong balik Paul Pogba dari Juventus dikarenakan Jose Mourinho ingin membangun skuadnya dengan citra yang dimilikinya. Anthony Martial didatangkan musim lalu dengan nilai 50 juta sementara Juan mata adalah pemain ketiga termahal yang menghuni skuad musim ini.

Henrikh Mkhitaryan dan Eric Baily juga direkrut pada musim panas sementara pemain yang dibeli pada musim sebelumnya adlaah Luke Shaw, Wayne Rooney, Ander Herrera, Morgan Schneiderlin, Memphis Depay dan Marouane Fellaini.

TIdak ada klub dalam sejarah sepakbola yang menghabiskan dana sebesar Manchester United. Dan Red Devils menggelontorkan dana 185 juta euro lebih besar dari musim lalu untuk memperkuat skuad musim ini – terlepas dari Zlatan Ibrahimovic yang didatangan dengan gratis!

Jangan sampai ketinggalan informasi sepakbola lainnya!