Klopp Inginkan Kepercayaan, Keyakinan dan Kebersamaan di Liverpool

70
Jurgen Klopp tak akan rotasi Liverpool

Liverpool, SportNusa – Jurgen Klopp meyakini Liverpool masih bisa bersaing dengan klub-klub besar Premier League meskipun tidak habis-habisan di jendela transfer.

Klub-klub seperti Manchester City, Manchester United, Chelsea dan Arsenal telah membuat rekrutan-rekrutan mahal, dan membuat pengeluaran di Premier League melewati £1 milyar, pertama kalinya dalam sejarah.

Aktivitas transfer Klopp dan Liverpool terbilang biasa-biasa saja dan malah mengakhiri aktivitas mereka jelang penutupan jendela transfer pada hari Rabu kemarin.

Sejauh ini, performa tim yang bermarkas di Anfield itu masih campur-aduk, dengan sebuah kemenangan pembuka di Arsenal diikuti oleh kekalahan dari tim promosi Burnley dan imbang dengan Tottenham.

Meski begitu, Klopp yakin gaya bermainnya sangat tepat untuk Liverpool, yang telah mengalami perkembangan sejak dia menggantikan Brendan Rodgers Oktober tahun lalu, yang membuat dia langsung menandatangani perpanjangan kontrak enam tahun ke depan.

“Dalam sepakbola semua orang berada dibawah tekanan seperti itu, mereka semua berusaha untuk tetap aman. Saya membuat keputusan ini, lalu keputusan itu, dan sekarang saya setidaknya aman,” kata mantan manajer Borussia Dortmund itu.

“Saya tahu tentang tekanan itu tapi saya tidak merasakannya. Saya tidak pernah membuat keputusan untuk terlihat bagus dari luar, untuk aman. Sekarang semua orang ingin rekrutan senilai £80 juta, atau rekrutan selanjutnya, rekrutan yang terakhir.

“Tapi saya tidak pernah membeli seorang pemain untuk itu, hanya untuk melakukan itu. Kami sudah membeli cukup pemain, dan jika saya yakin, ya, saya yakin. Ini untuk kebaikan klub, bukan untuk saya. Saya tidak penting.

“Ada para pesaing yang berat di liga ini, tapi kami tidak bisa mengatakan, ‘Jika kami memiliki rekrutan seperti ini kami bisa mengalahkan mereka, dan jika tidak, tidak ada peluang’. Apa seperti itu? Itu tidak penting bahwa satu atau dua klub memiliki lebih dari kami. Tidak penting siapa pemain terbaik di dunia tahun lalu.

“Ini penting siapa yang menjadi pemain terbaik tahun depan. Selama kami bisa berada di perburuan gelar, kami memiliki peluang. Saya tidak iri dengan siapapun. Saya tidak pernah iri. Saya suka permainan ini karena ini permainan tim. Kepercayaan, keyakinan dan kebersamaan.”

Meski begitu, dia meyakini kemenangan Burnley atas timnya membuktikan kata-kata yang baru saja dia ucapkan, meskipun memiliki penguasaan bola kurang dari 20% di Turf Moor.

“Anda dapat mengalahkan para pemain terbaik dengan sebuah tim yang berisi para pemain kurang ber-skill. Itulah yang saya sukai tentang sepakbola. Ini hanyalah permainan dimana anda memiliki 80% penguasaan bola namun kalah dari Burnley.

“Tidak ada di olahraga lain, seperti Basket atau apapun, tidak mungkin itu terjadi. Saya benci itu ketika saya merasakannya sendiri, tapi kemudian saya menyukainya.”

Klopp menambahkan, “Itulah yang membuat sepakbola begitu spesial. Tidak ada yang bisa diprediksi. Jadi jika anda seseorang yang optimis, selalu ada kesempatan.”