Xabi Alonso Beri Dukungan untuk Guardiola di Manchester City

35

Munich – Gelandang veteran Xabi Alonso angkat bicara kepada media dan menyatakan dukungannya kepada mantan pelatihnya di Bayern Munchen, Pep Guardiola untuk menunjukkan kualitas terbaiknya dan meraih kesuksesan di musim perdananya bersama Manchester City.

Bersama dua klub sebelumnya, Barcelona dan Bayern, pelatih kebangsaan Spanyol tersebut meraih kesuksesan dengan merengkuh berbagai trofi bergengsi, baik di kompetisi lokal maupun di ajang Eropa dan dunia, meskipun tidak mampu menjuarai Liga Champions bersama klub raksasa Bundesliga.

Dan karir Manajerial nya saat ini memasuki babak baru, dengan menerima tantangan melatih City, yang berlaga di Premier League. Bahkan, beberapa pihak sangat meragukan, jika filosofi sepakbola milik Guardiola tidak akan sukses jika diterapkan ke dalam sepakbola Inggris.

Akan tetapi, Alonso menyatakan jika dirinya tidak meragukan kualitas yang dimiliki oleh pelatih berusia 45 tahun tersebut, dengan mengatakan, “Saya tidak meragukan jika dia akan berhasil menerapkan segala hal yang ia yakini di dalam dunia sepakbola dan menjalankan timnya seperti yang telah dia lakukan selama ini.

“Tentu saja, segalanya akan sangat membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Namun, saya mengagumi dirinya karena kerja keras yang ia lakukan setiap harinya, dan saya tidak ragu jika harus mengatakan ia akan berhasil meraih kesuksesan di musim perdananya di Premier League.

“Analisanya sangat mempengaruhi berbagai hasil kerjanya, dan dia sangat ahli dalam menganalisa situasi sampai hal-hal kecil dan itulah dia butuhkan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus dia perhatikan. Premier League sangat berbeda jauh dengan Bundesliga dan La Liga.

“Kecepatan permainan di Inggris jauh berbeda dengan liga-liga lainnya. Dan juga, di Inggris permainan sangat membutuhkan kekuatan fisik. Waktu untuk beradaptasi tentunya sangat dia butuhkan. Dia harus memiliki sudut pandang yang berbeda untuk lebih memahami situasi yang akan diia hadapi di Inggris.”

Alonso diketahui sempat memiliki pengalaman berlaga di Premier League bersama Liverpool, pada kurun waktu tahun 2004 hingga tahun 2009 lalu, dan telah memainkan 143 pertandingan Premier League, dengan mencetak 14 gol dan tujuh assist selama bermain di Anfield.